Proses Produksi Kripik Pisang dan Singkong “VIKA” Di Desa Wringinagung Kecamatan Jombang Kabupaten Jember Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.

Nikmah, Wilda Syakirotun (2016) Proses Produksi Kripik Pisang dan Singkong “VIKA” Di Desa Wringinagung Kecamatan Jombang Kabupaten Jember Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wilda Syakirotun Nikmah_083 122 016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Produksi adalah menciptakan manfaat atas sesuatu benda. Secara terminologi, kata produksi berarti menciptakan dan menambah kegunaan (nilai guna) suatu barang. Kegunaan suatu barang akan bertambah bila memberikan manfaat baru atau lebih dari semula. Secara umum, produksi adalah penciptaan guna (utility) yang berarti kemampuan suatu barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhan manusiawi tertentu. Didalam menjalankan bisnis, tentu tidak akan terlepas dari etika bisnis khususnya dalam Islam. Penelitian ini dilakukan karena pelaku usaha bertindak tidak adil dan kurang jujur dalam menjalankan bisnisnya yaitu berkaitan dengan penggunaan Bahan Tambahan Pangan berpa pemanis sintetis jenis siklamat yang tidak sesuai dengan aturan yang ada. Inilah yang menarik peneliti untuk melakukan penelitian tentang Manajemen Produksi Kripik Pisang dan Singkong “VIKA” Di Desa Wringinagung Kecamatan Jombang Kabupaten Jember Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.. Fokus masalah yang diteliti 1). Bagaimana proses produksi kripik pisang dan singkong “VIKA”? 2). Bagaimana proses perencanaan dan produksi Kripik pisang dan singkong “VIKA” dalam perspektif etika bisnis Islam? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses perencanaan produksi, proses produksi, pengawasan produksi kripik pisang dan singkong “VIKA” dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian keabsahan data yang diperoleh, peneliti melakukan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa proses produksi yang digunakan adalah jenis produksi terputus-putus dan dalam proses produksinya ada bahan tambahan pangan berupa pemanis sintetis jenis siklamat yang digunakan tanpa memperhatikan aturan penggunaan. Sedangkan dalam etika bisnis Islam, produksi kripik pisang dan singkong “VIKA” sebenarnya adalah produk halal, akan tetapi dalam penggunaan bahan tambahan pangan tidak sesuai dengan aturan yang ada. Sedangkan untuk proses pengemasan tanpa ditimbang bukanlah suatu kecurangan melainkan hal tersebut dilakukan karena sudah menjadi kebiasaan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:43
Last Modified: 13 Mar 2023 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20110

Actions (login required)

View Item View Item