Pembacaan Ayat-ayat al-Qur’an dalam Zikir (Studi Living Qur’an Tarekat Syadziliyyah Desa Sumberejo Ambulu Jember).

Syamsiah, Lilis (2018) Pembacaan Ayat-ayat al-Qur’an dalam Zikir (Studi Living Qur’an Tarekat Syadziliyyah Desa Sumberejo Ambulu Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lilis Syamsiah_082142044.pdf

Download (9MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah sumber utama ajaran Islam dan pedoman hidup bagi umat Islam, di dalam al-Qur’an terdapat petunjuk tentang hubungan manusia dengan Allah, manusia dengan manusia serta manusia dengan alam sekitarnya. Pemahaman dan pemaknaan masyarakat terhadap al-Qur’an sangat beragam, dalam penelitian ini dipaparkan salah satu respons masyarakat terhadap al-Qur’an, yaitu anggota tarekat Syadziliyyah di desa Sumberejo Ambulu Jember yang menjadikan ayat-ayat al-Qur’an sebagai bacaan rutin dalam zikir. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana praktik pembacaan zikir menggunakan ayat-ayat al-Qur’an di kalangan tarekat Syadziliyyah di desa Sumberejo Ambulu Jember? 2) Bagaimana pemahaman tentang ayat-ayat al-Qur’an yang dijadikan sebagai zikir dalam pandangan Jemaah tarekat Syadziliyyah di desa Sumberejo Ambulu Jember? 3) Bagaimana makna pembacaan ayat-ayat al-Qur’an dalam zikir menurut Jemaah tarekat Syadziliyyah di desa Sumberejo Ambulu Jember?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan praktik pembacaan zikir menggunakan ayat-ayat al-Qur’an di kalangan tarekat Syadziliyyah di desa Sumberejo Ambulu Jember, 2) Untuk mengungkapkan pemahaman tentang ayatayat al-Qur’an yang dijadikan sebagai zikir dalam pandangan Jemaah tarekat Syadziliyyah di desa Sumberejo Ambulu Jember, 3) Untuk menganalisis makna pembacaan ayat-ayat al-Qur’an dalam zikir menurut Jemaah tarekat Syadziliyyah di desa Sumberejo Ambulu Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat penelitian lapangan dengan jenis penenelitian fenomenologi. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah Pertama, Ayat-ayat al-Qur’an yang terdapat dalam bacaan zikir tarekat Syadziliyyah di desa Sumberejo adalah Q.S al-Taubah ayat 128-129 (Laqad Ja’akum) dan Q.S al-Baqarah ayat 255 (Ayat Kursi). Zikir ini dibaca setiap setelah salat fardlu, malam khususiyyah (malam selasa), selapanan (35 hari sekali) sebanyak 100 kali dipimpin oleh imam khususiyyah. Kedua Pemahaman Jemaah terhadap ayat-yat dalam zikir tersebut adalah bahwa ayat Laqad Jȃ’akum merupakan ayat yang menjelaskan tentang Nabi dan sifatsifatnya, sedangkan ayat kursi menjelaskan tentang Allah dan sifat-sifatNya. Ketiga pemaknaan terhadap pembacaan ayat-ayat al-Qur’an dalam zikir menurut jemaah tarekat Syadziliyyah adalah bahwa bagi siapa saja yang rutin mengamalkan zikir tersebut, akan merasa lebih dekat dengan Allah dan Nabi-Nya, terjaga kemanan lahir batin, kesehatan, dijauhkan dari gangguan jin dan setan, cepat mendapatkan solusi, doa dikabulkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:43
Last Modified: 13 Mar 2023 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20114

Actions (login required)

View Item View Item