Dinamika Pendapatan dan Transformasi Kelembagaan Bank Sampah di Kabupaten Jember.

Zahroh, Luluk (2019) Dinamika Pendapatan dan Transformasi Kelembagaan Bank Sampah di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Luluk Zahroh_E20152034.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bank sampah adalah salah satu strategi penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) dalam pengelolaan sampah pada sumbernya di tingkat masyarakat. Dalam penelitian ini mengambil tiga tempat bank sampah sebagai tempat penelitian. Pertama yaitu Bank Sampah sahabat ibu yang berlokasi di Perumahan Taman Gading Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Yang kedua yaitu Bank Sampah Dharma Alam (BSDA) yang berlokasi di Perumahan Dharma Alam Sempusari Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Ketiga yang berlokasi di Desa Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Dari ketiga bank sampah diatas bagaimana kelembagaan yang baik dan benar. Maka peneliti membuat suatu permodelan agar bank sampah nantinya dapat berdampak ekonomi. Berdasarkan pengertian dan latar belakang diatas, maka yang menjadi fokus penelitian dalam penulisan ini adalah : 1) Bagaimana Dinamika Pendapatan dari pengelolaan bank sampah? 2) Bagaimana proses transaksi jual beli dari bank sampah tersebut? 3) Bagaimana transformasi kelembagaan dari pengelolaan bank sampah? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Bagaimana dinamika pendapatan dari pengelolaan bank sampah. 2) Bagaimana proses transaksi jual beli dari bank sampah tersebut 3) Bagaimana transformasi kelembagaan bank sampah di Kabupaten Jember. Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut, pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karena dalam penelitian ini nantinya akan menghasilkan data yang bersifat deskriptif mengenai dinamika pendapatan dan transformasi kelembagaan bank sampah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Nasabah bank sampah cukup terbantu dengan adanya bank sampah, dari pihak bank sampah sendiri selain membuka lowongan kerja serta ikut terbantu dengan pengurangan volume sampah yang selalu meningkat. 2) Jika dikaji berdasarkan fiqh muamalah, bank sampah ini telah sesuai dengan rukun dan syarat jual beli. 3) Model pengelolaan bank sampah Wirowongso yang dikuasai oleh desa malah ternyata itu tidak baik, tidak akan membuat bank sampah itu berjalan. Berbeda halnya dengan bank sampah sahabat ibu dan dharma alam murni dari masyarakat setempat serta memiliki ikatan emosional. Kata Kunci : Dinamika Pendapatan, Transformasi Kelembagaan, Bank Sampah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:44
Last Modified: 13 Mar 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20116

Actions (login required)

View Item View Item