Analisa Komparatif Servquality Terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret dan Basmalah Di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.

Roifa, Miftahul (2019) Analisa Komparatif Servquality Terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret dan Basmalah Di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftahul Roifa_E20152139.pdf

Download (6MB)

Abstract

Industri ritel merupakan industri yang strategis bagi perkembangan ekonomi Indonesia. Karakteristik ritel yang tidak begitu rumit membuat sebagian besar rakyat Indonesia terjun ke bisnis ritel. Salah satunya Indomaret dan Basmalah di Bangsalsari, keduanya merupakan minimarket yang mampu besaing dan memiliki keunggulan masing-masing serta didukung oleh fasilitas lengkap, harga bersaing dan kualitas layanan yang sangat bervariatif dan kompetitif. Fokus masalah yang dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh signifikan dimensi Tangible terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret dan Basmalah di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember secara parsial?. 2) Apakah ada pengaruh signifikan dimensi Responsiveness terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret dan Basmalah di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember secara parsial?. 3) Apakah ada pengaruh signifikan dimensi Reability terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret dan Basmalah di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember secara parsial?. 4) Apakah ada pengaruh signifikan dimensi Empathy terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret dan Basmalah di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember secara parsial?. 5) Apakah ada pengaruh signifikan dimensi Assurance terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret dan Basmalah di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember secara parsial?. 6) Adakah perbedaan secara signifikan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Indomaret dan Basmalah terhadap Kepuasan Pelanggan di wilayah Bangsalsari Kabupaten Jember ? Tujuan penelitian ini adalah membandingkan antara kedua ritel yaitu ritel Indomaret dan Basmalah dengan mengukur tingkat kepuasan konsumen. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini semua pelanggan indomaret dan Basmalah. Teknik sampling Non Probability Sampling, metode Accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan: uji instrument terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji deskriptif, uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji regresi linear berganda serta uji hipotesis terdiri dari uji F, uji koefisien determinasi dan uji t. Hasil penelitian menggunakan uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa, variabel tangible dari Indomaret dan Basmalah diperoleh nilai koefisien regresi (0,195 : 0,356) variabel Responsiveness (-0,242 : -0,287) variabel Reability (0,455 : 0,363) variabel Empathy (0,384 : 0,381) dan variabel Assurance (0,815 : 0,681) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Indomaret dan Basmalah. Sedangkan perbandingan menggunakan Koefisien Determinasi R2 diperoleh nilai (68,6% > 75,3%) yang menunjukkan bahwa tingkat pengaruh kualitas pelayanan diminimarket Indomaret lebih kecil dibandingkan minimarket Basmalah terhadap kepuasan pelanggannya. Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, ritel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:44
Last Modified: 13 Mar 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20118

Actions (login required)

View Item View Item