Peran Industri Bambu Dalam Pemberdayaan Ekonomi Ibu Rumah Tangga (Studi Kasus Desa Pakem Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso).

Rofiq, Mohammad Zainur (2019) Peran Industri Bambu Dalam Pemberdayaan Ekonomi Ibu Rumah Tangga (Studi Kasus Desa Pakem Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Zainur Rofiq_E20152032.pdf

Download (6MB)

Abstract

Industri berskala kecil merupakan salah satu alat utama untuk menstimulir kewirausahaan masyarakat pribumi, dalam mengembangkan keterampilan para pengrajin tradisonal, dan sebagai alat yang ampuh dalam meminimalisir tingginya tingkat pengangguran yang ada. Mengenai fokus penelitian terdapat tiga macam diantaranya: 1) Bagaimana pengelolaan industri Kerajinan bambu ibu rumah tangga di Desa Pakem?2)Bagaimana sistem penjualan kerajinan bambu di Desa Pakem? 3) Bagaimana implikasi sistem penjualan kerajinan bambu terhadap pendapatan ibu rumah tangga di Desa Pakem? Mengenai tujuan penelitian terdapat tiga macam diantaranya: 1) Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan industri kerajian bambu ibu rumah tangga di Desa Pakem.2) Untuk mengetahui bagaimana sistem penjualan yang digunakan dalam penjualan produk kerajian bambu yang dihasilkan di Desa Pakem.3) Untuk mengetahui implikasi dari sistem penjualan kerajinan bambu terhadaap pendapatan ibu rumah tangga di Desa Pakem. Dalam penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan teknik penelitiannya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara untuk keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan 1) pengelolaan industri kerajinan bambu ibu rumah tangga di Desa Pakem masih menggunakan peralatan yang sangat sederhana dalam berproduksi. 2) sistem penjualan kerajinan bambu di Desa Pakem di ketahui masih tergantung secara penuh kepada pengepul. 3) implikasi sistem penjualan kerajinan bambu yang mana para produsen sangat sulit untuk berkembang mengingat harga jual produk yang dihasilkan sangatlah murah, hal ini disebabkan oleh bauran pemasaran yang ada masih sangat panjang. Kata Kunci : Industri, Pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:44
Last Modified: 13 Mar 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20119

Actions (login required)

View Item View Item