Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Dan Luas Lahan Terhadap Pendapatan Usaha Tani Cabai Rawit Di Dusun Panggung Tinggi Desa Plerean Kecamatan Sumberjambe.

Romadhon, Muhammad Ryan (2019) Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Dan Luas Lahan Terhadap Pendapatan Usaha Tani Cabai Rawit Di Dusun Panggung Tinggi Desa Plerean Kecamatan Sumberjambe. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Ryan Romadhon_E20152102.pdf

Download (9MB)

Abstract

Sektor pertanian dalam tatanan pembangunan nasional memegang peranan penting karena selain bertujuan menyediakan pangan bagi seluruh penduduk, juga merupakan sektor andalan penyumbang devisa dari sektor non migas. Besarnya kesempatan kerja yang dapat diserap dan besarnya jumlah penduduk yang masih bergantung pada sektor ini masih perlu terus ditumbuh kembangkan. Dibalik peranan sektor pertanian yang semakin penting, keadaan sumber daya manusia yang berada di sektor ini masih memprihatinkan karena sebagian besar masih tergolong berkualitas rendah. Sekitar 60% penduduk yang berada disektor ini tergolong miskin, dan 82% diantaranya tinggal di pedesaan. Rumusan masalah yang ada dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh signifikan antara modal dan pendapatan usaha tani cabai rawit di Dusun Panggung Tinggi Desa Plerean Kecamatan Sumberjambe?. 2) Apakah ada pengaruh signifikan antara tenaga kerja dan pendapatan usaha tani cabai rawit di Dusun Panggung Tinggi Desa Plerean Kecamatan Sumberjambe?. 3) Apakah ada pengaruh signifikan antara luas lahan dan pendapatan usaha tani cabai rawit di Dusun Panggung Tinggi Desa Plerean Kecamatan Sumberjambe?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara modal, tenaga kerja, dan luas lahan terhadap pendapatan usaha tani cabai rawit di Dusun Panggung Tinggi Desa Plerean Kecamatan Sumberjambe. Peneliti dalam hal ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif ekplenatory. Populasi dalam penelitian ini semua petani cabai rawit di Dusun Panggung Tinggi. Teknik sampling Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan: uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas, uji regresi linear berganda serta uji hipotesis terdiri dari uji F, uji koefisien determinasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya probabilitas modal (0,0012 < 0,05), maka ada pengaruh signifikan modal terhadap pendapatan. Probabilitas tenaga kerja (0,0026 < 0,05), maka ada pengaruh signifikan antara tenaga kerja terhadap pendapatan. Probabilitas luas lahan (0,000 < 0,05), maka ada pengaruh signifikan antara luas lahan terhadap pendapatan. Sedangkan Koefisien Determinasi R2 diperoleh nilai 0,913 yang menunjukkan bahwa sebesar 91,3% menjelaskan fakta sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel diluar model yang tidak dimasukkan dalam model. Kata Kunci: Modal, Tenaga Kerja, Luas Lahan, Pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:44
Last Modified: 13 Mar 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20121

Actions (login required)

View Item View Item