Pemahaman Umat Islam di Changwat songkhla tentang surah Yasin (Studi Living Qur’an di Khlongpradu Pakbang Thepha).

Lohleh, Saran (2018) Pemahaman Umat Islam di Changwat songkhla tentang surah Yasin (Studi Living Qur’an di Khlongpradu Pakbang Thepha). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Saran Lohleh_082 142 100.pdf

Download (2MB)

Abstract

Banyak kegiatan yang dilakukan dengan menggunkan surah Yasin oleh umat Islam di changwat Songkhla diantaranya adalah surah Yasin dibaca pada malam jum’at, dibaca pada pagi jum’at untuk Ahlil kubur, dibaca waktu ada orang yang mau meninggal dan juga dibaca untuk orang sakit. Kegitan tersebut dilakukan secara kelompok dan terkadang secara individu. Dengan demikian, kegiatan-kegiatan yang dilakukan ini akan didasarkan oleh pemahaman dan keyakinan masing-masing. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah 1) Bagaimana pemahaman umat Islam di desa Khlongpradu tentang surah Yasin?. 2) Apa Faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman umat Islam di desa Khlongpradu tentang surah Yasin?. Penelitian ini meruapakan penelitian kualitatif dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data diantaranya adalah interview, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan setelah mendapatkan sekian data dari lapangan dan langsung ditarik kesimpulan. Subyek penelitian adalah Ban Khlongpradu tambon Pakbang amphoe Thepha changwat Songkhla disertai oleh warga dan tokoh-tokoh agama setempat sebagai sumber informan. Hasil penelitian ini yaitu, umat Islam Di desa Khlongpradu memahami bahwa surah Yasin sebagai hati Al-Qur’an, yang bisa memnyembuhkan dan menyelamatkan pembaca atau orang yang dibacakan sehingga mereka lebih mengutamakan surah Yasin dibandingkan dengan surah yang lain. Faktor yang mempengaruhi pemahaman mereka adalah faktor pendidikan, tokoh-tokoh masyarakat dan juga faktor budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:45
Last Modified: 13 Mar 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20129

Actions (login required)

View Item View Item