Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Perdagangan Di Pasar Loak Gebang.

Maulidi, Wildan (2019) Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Perdagangan Di Pasar Loak Gebang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wildan Maulidi_083 144086.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam era modern sekarang ini, banyak terjadi perkembangan dari segala bidang termasuk di dalamnya adalah dalam bidang ekonomi.Sebagai makhluk hidup, tentu manusia akan saling berinteraksi. Interaksi yang dilakukan tersebut tidak jarang berkaitan dengan masalah perekonomian. Perekonomian adalah kebutuhan setiap manusia di dalam memenuhi dan mengekspresikan tatanan kehidupan sehari-hari. Fokus masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana Transaksi Perdagangandi Pasar Loak Gebang? 2) Bagaimana Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Transaksi Perdagangan di Pasar Loak Gebang? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui transaksi perdagangan di Pasar loak Gebang. 2) Untuk mengetahui implementasi etika bisnis Islam dalam transaksi perdagangan di Pasar Loak gebang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif. peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus untuk melakukan penelitian secara terinci dan mendalam melalui pemaparan, penggambaran, serta menemukan fakta-fakta penerapan etika bisnis Islam. tempat penelitian di dalam skripsi ini adalah. di Pasar Loak di Gebang Kabupaten Jember. penelitian ini pencarian data diperoleh dari informan dengan menggunakan objek penelitian purposive. Metode analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu: Reduksi data, Penyajian data dan Verifikasi. peneliti menggunakan triangulasi sumber dan Triangulasi teknik. Hasil penelitian 1) Transaksi perdagangan di pasar loak gebang kabupaten jember yaitu jujur dalam takaran, di pasar loak gebang jujur dalam menjual barang yang bekas namun kualitasnya asli atau original, mereka memilih menjual barang yang tidak mulus namun asli dibandingkan barang yang tidak mulus namun asli dibandingkan barang mulus imitasi. 2) implimentasi etika bisnis Islam dalam transaksi perdagangan di pasar loak gebang implementasi perdagangan menggunakan norma-norma etika bisnis islam. Seperti tidak memperjual belikan barang yang haram, disana meskipun harganya murah bukan karena barang tidak halal namun disana barang yang dijual barang bekas dengan kualitas yang asli, di pasar loak tidak menerapkan sistem riba disana ada barang ada uang. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam dan Transaksi Perdagangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:45
Last Modified: 13 Mar 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20134

Actions (login required)

View Item View Item