ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL BERDASARKAN KEMAMPUAN NUMERIK SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP NEGERI 2 JEMBER

Anggriani, Dita Loka (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL BERDASARKAN KEMAMPUAN NUMERIK SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP NEGERI 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DITA LOKA ANGGRIANI_T20197145.pdf

Download (8MB)

Abstract

Fokus pendidikan berdasarkan Departemen Pendidikan Nasional yaitu
mengembangkan keterampilan pemecahan masalah melalui pembelajaran 4C (creativity
and innovation, critical thinking and problem solving, communication and
collaboration). Selaras dengan Permendikbud No. 58 tahun 2014 tujuan pembelajaran
matematika meliputi pemahaman konsep matematika, melakukan pendugaan dari
masalah, memikirkan sebuah pola penyelesaian melalui kemampuan penalaran dan
pemecahan masalah, serta menghasilkan sebuah gagasan untuk menjawab
permasalahan. Salah satu teknik pemecahan masalah yang memiliki wilayah penerapan
yang cukup luas salah satunya adalah kemampuan berpikir komputasi. Berpikir
komputasi adalah sekumpulan langkah-langkah yang melibatkan beberapa keahlian
melalui teknik pemecahan masalah dengan kemampuan menganalisis masalah,
mengidentifikasi pola, menguraikan penyelesaian menjadi poin yang sederhana,
membuat langkah-langkah penyelesaian, dan menemukan solusi berupa kesimpulan.
Selain itu penerapan kemampuan berpikir komputasi membutuhkan kemampuan
berpikir untuk mengolah angka atau bilangan yang dikenal dengan kemampuan
numerik. Kemampuan berpikir komputasi dan numerik memiliki cakupan yang cukup
luas dan memiliki sasaran permasalahan matematika yang cukup rumit, sehingga
penerapan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) menjadi solusi untuk mengetahui
bagaimana kapasitas berpikir komputasi siswa berdasarkan kemampuan numeriknya.
Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu bagaimana analisis kemampuan berpikir
komputasi berdasarkan kemampuan numerik tinggi, sedang, dan rendah dalam
menyelesaikan soal HOTS pada materi SPLDV. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasi siswa yang memiliki kemampuan
berpikir numerik tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan Soal HOTS pada
materi SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik
pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek
penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jember, diambil 6 subjek dengan masing�masing 2 subjek kemampuan numerik tinggi, sedang, dan rendah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir komputasi siswa dengan
kemampuan numerik tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mampu memenuhi semua
indikator kemampuan berpikir komputasi yaitu dekomposisi, pengenalan pola, berpikir
algoritma, serta generalisasi dan abstraksi. Siswa dengan kemampuan numerik sedang
memenuhi indikator dekomposisi, pengenalan pola, dan berpikir algoritma. Sedangkan,
siswa dengan memiliki kemampuan numerik rendah hanya mampu memenuhi indikator
dekomposisi dan pengenalan pola.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Komputasi, Kemampuan Numerik, Higher
Order Thinking Skill (HOTS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010399 Numerical and Computational Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dita Loka Anggriani
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:45
Last Modified: 14 Mar 2023 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20138

Actions (login required)

View Item View Item