Profil kemampuan numerasi siswa dalam memecahkan soal asesmen kompetensi minimum pada pokok bahasan persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 1 Balung Jember

Mas'ula, Diniatul (2023) Profil kemampuan numerasi siswa dalam memecahkan soal asesmen kompetensi minimum pada pokok bahasan persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 1 Balung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Diniatul Mas'ula_T20197121.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kebijakan yang digalangkan untuk mencapai standar nasional pendidikan abad 21 salah satunya melalui kebijakan ujian nasional yang diganti asesmen nasional yang didasarkan pada hasil PISA bahwa kemampuan belajar siswa pendidikan dasar dan menengah di Indonesia berada di urutan bawah. Asesmen nasional yang terdiri dari tiga bagian salah satunya berisi asesmen kompetensi minimum untuk menilai pencapaian siswa dari hasil belajar kognitif meliputi literasi dan numerasi. Keberhasilan dalam asesmen kompetensi minimum dapat diupayakan dengan meningkatkan kemampuan literasi dan kemampuan numerasi siswa.

Berdasarkan konteks penelitian mengenai kemampuan numerasi siswa dalam menunjang pencapaian asasmen kompetensi minimum maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana profil kemampuan numerasi siswa dalam memecahkan soal asesmen kompetensi minimum pada pokok bahasan persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 1 Balung Jember.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil kemampuan numerasi siswa dalam memecahkan soal asassmen kompetensi minimum pada pokok bahasan persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 1 Balung Jember.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian diperoleh dari pemberian tes kemampuan numerasi berbasis AKM kepada 30 siswa dan diperoleh dua siswa menguasai indikator kemampuan numerasi pertama, dua siswa menguasai indikator kemampuan numerasi yang pertama dan kedua, dan dua siswa menguasai ketiga indikator kemampuan numerasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek yang menguasai indikator kemampuan numerasi pertama mampu menerapkan angka dan simbol dengan baik. Subjek yang menguasai indikator pertama dan kedua mampu menerapkan angka dan simbol serta mampu menganalisis informasi. Sedangkan subjek yang menguasai ketiga indikator kemampuan numerasi mampu menerapkan angka dan simbol, mampu menganalisis informasi, dan mampu melakukan interpretasi.

Kata kunci : kemampuan numerasi; pemecahan masalah; asesmen kompetensi minimum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Diniatul Mas'ula
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:57
Last Modified: 14 Mar 2023 08:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20147

Actions (login required)

View Item View Item