Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR)Pada Perusahaan Air Mineral Ampo Jember Menurut UU Nomor 40 Pasal 74 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.

Sholeh, Ahmad Fathoni (2017) Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR)Pada Perusahaan Air Mineral Ampo Jember Menurut UU Nomor 40 Pasal 74 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Fathoni Sholeh_083 134 051.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti membuat beberapa fokus masalah yang diantaranya: 1) Apa saja bentuk Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) di Perusahaan Air Mineral Ampo Jember? 2) Bagaimana UU nomor 40 pasal 74 tahun 2007 tentang perseroan terbatas dalam menanggapi penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) di perusahaan Air Mineral Ampo Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) di perusahaan Air Mineral Ampo Jember 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan UU nomor 40 pasal 74 tahun 2007 tentang perseroan terbatas dalam menanggapi penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) di perusahaan Air Mineral Ampo Jember. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu 1) Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Air Mineral Ampo Jember di awali dari adanya pengambilan air secara gratis bagi masyarakat tanpa syarat apapun. Kemudian adanya pembangunan tempat mandi dan mencuci yang diperuntukkan bagi masyarakat sekitar, hal ini dilakukan oleh perusahaan Air Mineral Ampo Jember sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Selanjutnya bentuk CSR pada perusahaan Air Mineral Ampo ini dilakukan dalam bentuk partisipasi pada berbagai kegiatan umum yang diselenggarakan oleh masyarakat seperti acara pengajian umum, perlombaan memperingati hari kemerdekaan dan lain-lain. Untuk kedepannya rencana dari perusahaan Air Mineral Ampo Jember yang sedang dalam proses penerapan yaitu adanya BPJS kesehatan bagi para karyawan perusahaan Air Mineral Ampo Jember. Pelaksanaan program tersebut akan segera dilakukan oleh pihak perusahaan yang bekerja sama dengan pihak BPJS kesehatan. 2) UU nomor 40 pasal 74 tahun 2007 tentang perseroan terbatas menganggapi bahwa pada perusahaan air mineral ampo jember ini sudah melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan beberapa bentuk taggung jawab seperti: adanya air gratis, pembangunan tempat mencuci dan mandi, adanya pemberian bingkisan dan air mineral gratis, menyerap tenaga kerja dan kedepannya adanya BPJS kesehatan bagi karyawan dan hasilnya perusahaan air mineral ampo jember sudah menerapkan ayat 1 pada UU nomor 40 pasal 75 tahun 2007 tentang perseroan terbatas. Dalam pelaksanaan penerapan tanggung jawab sosial dan lingkungan, perusahaan air mineral ampo memperhatikan kebutuhan serta kewajaran bagi masyarakat dan lingkungan yang mana hal ini sesuai dengan ayat ke 2 dari undang-undang Nomor 40 pasal 75 tahun 2007 tentang perseroan terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:49
Last Modified: 14 Mar 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20151

Actions (login required)

View Item View Item