Analisis Penanganan kredit Bermasalah Pada Produk kupedes di BRI Unit Rambipuji Jember

Qoimah, Annisa Hidayatul (2017) Analisis Penanganan kredit Bermasalah Pada Produk kupedes di BRI Unit Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Annisa Hidayatul Qoimah_083 133 142.pdf

Download (4MB)

Abstract

Negara Indonesia terkenal sebagai Negara berkembang yang masih melaksanakan pembangunan disegala bidang yang salah satunya adalah dibidang ekonomi. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat diperlukan suatu dana/fasilitas seperti pemberian kredit dengan syarat-syarat yang memadai/ bantuan modal. Meskipun pihak Perbankan dalam memberikan suatu fasilitas kredit kepada seorang debitur telah benar-benar di dasarkan pada prinsip kehatihatian dan asas-asas perkreditan yang sehat serta di dukung oleh itikad baik dari para pejabat kredit, namun kemungkinan timbulnnya pinjaman (kredit) bermasalah tetap ada mengingat bahwa pemberian kredit mengandung resiko yang tinggi dan tidak kembalinya sebagian/seluruh kredit beserta bunganya. Adapun masalah yang diteliti yaitu, 1).Apa Saja Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Pinjaman Bermasalah Pada Produk Kupedes BRI (BRI Unit Rambipuji Jember), 2).Bagaimana Penanganan Pinjaman Bermasalah Pada Produk Kupedes BRI (BRI Unit Rambipuji Jember). Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Maka data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasai,dan didukung dengan wawancara/interview yang dilakukan untuk menggali informasi secara mendalam terkait permasalahan yang diteliti. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Faktor-faktor pinjaman bermasalah pada produk kupedes BRI disebabkan karena kesalahan bank yang kurang pengecekan terhadap latar belakag calon nasabah, kurang lengkap mencantumkan syarat-syarat, kurang pendekatan terhadap nasabah dan terlalu yakin kupedes yang diberikan akan kembali. Sedangkan faktor-faktor yang disebabkan oleh nasabah di karenakan karakter dari nasabah itu sendiri baik tidak jujur atau nasabah serakah, serta nasabah yang memang dalam usahanya mengalami kendala karena faktor eksternal. Serta penanganan pinjaman bermasalah pada produk kupedes BRI Unit Rambipuji Jember dalam hal ini perbankan tidak serta merta melakukan penanganan, karena Bank melihat kondisi yang terjadi dilapangan yang selanjutnya akan di analisis sesuai dengan permasalahan yang ada. Bank BRI Unit Rambipuji Jember ini dalam melakukan penanganan ada beberapa cara diantaranya pendekatan kupedes bermasalah, penetapan strategi penanganan kupedes bermasalah, penyelamatan kupedes serta penyalesaian kupedes baik secara damai atau melalui saluran hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:49
Last Modified: 14 Mar 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20153

Actions (login required)

View Item View Item