Upaya Peningkatan Efisiensi Biaya Produksi Untuk Mendapatkan Keuntungan Kompetitif Pada Industri Kerajinan Flodista.

Umam, Choirul (2018) Upaya Peningkatan Efisiensi Biaya Produksi Untuk Mendapatkan Keuntungan Kompetitif Pada Industri Kerajinan Flodista. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Choirul Umam_083144176.pdf

Download (5MB)

Abstract

Upaya peningkatan efisiensi biaya produksi merupakan suatu aktifitas yang harus dilakukan oleh setiap produsen dalam menjalankan Perusahaannya. Upaya tersebut selain fokus terhadap biaya produksi yang dikeluarkan dan dibutuhkan, juga memperhatikan produktifitas dan kualitas dalam proses produksi oleh karena itu pengendalian mutu juga berpengaruh terhadap efisiensi biaya produksi. Fokus penelitian yang diteliti dalam Skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi yang digunakan Industri Kerajinan Flodista dalam upaya peningkatan efisiensi biaya produksi untuk mendapatkan keuntungan kompetitif? 2) Bagaimana tingkat efisiensi biaya produksi pada Industri Kerajinan Flodista? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis dan mendeskripsikan strategi yang digunakan Industri Kerajinan Flodista dalam upaya peningkatan efisiensi biaya produksi untuk mendapatkan keuntungan kompetitif. 2) Menganalisis dan mendeskripsikan tingkat efisiensi biaya produksi pada Industri Kerajinan Flodista. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan, subjek penelitian menggunakan Purposife. Metode pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Validasi sumber menggunakan triangulasi sumber dan teknik, serta analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi yang dilakukan oleh Industri Kerajinan Flodista merupakan upaya untuk meningkatkan efisiensi yang baik dari segi biaya produksi maupun kualitas, sehingga mampu menghasilakan produk yang bersaing di pangsa pasar. Strategi ini melahirkan beberapa cara yang mampu meningkatkan daya beli masyarakat untuk menggunakan produk craft interior dari Industri Kerajinan Flodista antara lain: Perencanaan kebutuhan bahan baku, penggunaan bahan baku berkualitas, pemaksimalan bahan baku dan penggunaan tenaga kerja lokal yang disiplin. 2) Tingkat efisiensi biaya produksi Industri Kerajinan Flodista saat ini tergolong efisien, hal ini dibuktikan dengan biaya yang dikeluarkan pada proses produksi dari awal sampai akhir tidak melebihi dari anggaran biaya produksi yang sudah direncanakan oleh Industri Kerajinan Flodista, namun biaya overhead pabrik tidak dapat ditelusuri sehingga efisiensi biaya overhead pabrik tidak dapat diketahui.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:49
Last Modified: 14 Mar 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20156

Actions (login required)

View Item View Item