Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Pelayanan Konsumen di Toko Karunia Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Skripsi, Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Jember, 2017.

Mardianti, Desi Mita (2017) Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Pelayanan Konsumen di Toko Karunia Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Skripsi, Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Jember, 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Desi Mita Mardianti_083134100.pdf

Download (27MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah berdasarkan apa yang yang terjadi pada toko karunia yang berada di Desa Glundengan, toko karunia merupakan toko bahan bangunan yang paling besar yang berada di Glundengan dan mempekerjakan karyawan, para karyawan ini berperan sebagai pemberi layanan berupa barang dan jasa, karyawan disini menganggap bahwa pelayanan hanya sebagai aktivitas jual beli yang biasa tanpa memperhatikan etika. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan inovasi baru dalam pelayanan konsumen di Toko Karunia. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis Islam dalam pelayanan konsumen di toko Karunia Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember dan sesuaikah dengan Etika Bisnis Islam. Penelitian ini mengangkat fokus permasalahan yaitu (1) Bagaimana penerapan etika bisnis Islam dalam pelayanan konsumen di toko karunia Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Jember? (2) Apa kendala penerapan etika bisnis Islam dalam pelayanan konsumen di toko Karunia Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember?. (3) Bagaimana cara mengatasi faktor-faktor yang menjadi kendala penerapan etika bisnis Islam dalam pelayanan konsumen di Toko karunia Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian Field Research. Penentuan subyek penelitian secara Purposive. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yaitu : (1) Penerapan etika bisnis Islam dalam pelayanan konsumen di toko Karunia Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember sudah teraplikasikan dengan baik yaitu tercermin melalui sikap jujur, berkomunikasi dengan baik, berpakaian dan berpenampilan yang baik, bertanggung jawab dan bertingkah laku yang baik. (2) Kendala penerapan etika bisnis Islam dalam pelayanan konsumen di toko Karunia Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember yaitu pelayanan yang lambat dan teknologi yang modern. (3) cara mengatasi faktor-faktor yang menjadi kendala penerapan etika bisnis Islam dalam pelayanan konsumen di toko karunia desa Glundengan kecamatan Wuluhan kabupaten Jember yaitu memberikan sanksi kepada karyawan yang tidak disiplin, melakukan rapat kumpulan setiap bulan, memberikan pelayanan yang cepat dan tepat dan menggunakan teknologi secara bijak. Kata Kunci : Etika bisnis Islam dan pelayanan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:50
Last Modified: 14 Mar 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20160

Actions (login required)

View Item View Item