Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Ketersediaan Modal, dan Kemajuan Teknologi Terhadap Eksistensi Industri Rumahan di Desa Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember

Maimuna, Dian (2019) Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Ketersediaan Modal, dan Kemajuan Teknologi Terhadap Eksistensi Industri Rumahan di Desa Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dian Maimuna_E20152073.pdf

Download (22MB)

Abstract

Kegiatan industri atau usaha adalah suatu kegiatan dalam menghasilkan barang untuk dimanfaatkan oleh para penikmatnya. Dalam melakukan suatu kegiatan usaha (industri) para pelakunya perlu memperhatikan beberapa hal yang dapat mempengaruhi masa depan dan kelancaran industri tersebut agar tetap mempertahankan eksistensinya di dunia bisnis yang semakin ketat. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh secara parsial kualitas sumber daya manusia, ketersediaan modal, dan kemajuan teknologi terhadap eksistensi industri rumahan di Desa Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember ? (2) Apakah ada pengaruh secara simultan kualitas sumber daya manusia, ketersediaan modal, dan kemajuan teknologi terhadap eksistensi industri rumahan di Desa Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember ? Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh secara parsial kualitas sumber daya manusia, ketersediaan modal, dan kemajuan teknologi terhadap eksistensi industri rumahan di Desa Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. (2) Mengetahui pengaruh secara simultan kualitas sumber daya manusia, ketersediaan modal, dan kemajuan teknologi terhadap eksistensi industri rumahan di Desa Karng Kedawung Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian applied research. Dalam pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan data kuantitatif berupa data primer melalui kuisioner. Hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan uji t (parsial) nilai t hitung variabel kualiatas sumber daya manusia lebih kecil dari t tabel (0,582 < 1,986), maka tidak ada pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap eksistensi industri rumahan di Desa Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Nilai t hitung variabel ketersediaan modal lebih besar dari t tabel (6,996 > 1,986), maka ada pengaruh ketersediaan modal terhadap eksistensi industri rumahan di Desa Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Nilai t hitung variabel kemajuan teknologi lebih kecil dari t tabel (0,286 < 1,986), maka tidak ada pengaruh kemajuan teknologi terhadap eksistensi industri rumahan di Desa Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. (2) Berdasarkan uji F nilai F hitung lebih besar dari F tabel (18,207 > 3,10), maka ada pengaruh secara simultan kualitas sumber daya manusia, ketersediaan modal, dan kemajuan teknologi terhadap eksistensi industri rumahan di Desa Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Kata kunci: Kualitas Sumber Daya Manusia, Ketersediaan Modal, Kemajuan Teknologi, dan Eksistensi Industri Rumahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1003 Industrial Biotechnology > 100399 Industrial Biotechnology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:50
Last Modified: 14 Mar 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20161

Actions (login required)

View Item View Item