Pengaruh Harga Solar, Perubahan Cuaca dan Teknologi Alat Tangkap Ikan Terhadap Pendapatan Nelayan Masyarakat Dusun Sampangan Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi.

Fitriyah, Annisatul (2017) Pengaruh Harga Solar, Perubahan Cuaca dan Teknologi Alat Tangkap Ikan Terhadap Pendapatan Nelayan Masyarakat Dusun Sampangan Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Annisatul Fitriyah_083134013.pdf

Download (22MB)

Abstract

Harga solar, perubahan cuaca serta penggunaan teknologi alat tangkap ikan, merupakan suatu faktor yang secara tidak langsung mempengaruhi pendapatan nelayan. Harga solar, yang mengharuskan nelayan untuk memaksimalkan pendapatan dengan perubahan cuaca saat ini yang tidak menentu serta penggunaan teknologi alat tangkap ikan yang masih sederhana sehingga menyebabkan pendapatan nelayan sering tidak menentu. Rumusan masalah yang diteliti dalam sekripsi ini adalah: a).Apakah ada pengaruh harga solar terhadap pendapatan nelayan masyarakat dusun Sampangan? b).Apakah ada pengaruh perubahan cuaca terhadap pendapatan nelayan masyarakat dusun Sampangan?c).Apakah ada pengaruh teknologi alat tangkap ikan terhadap pendapatan nelayan masyarakat dusun Sampangan?d).Apakah ada pengaruh harga solar, perubahan cuaca dan teknologi alat tangkap ikan secara simultan terhadap pendapatan nelayan masyarakat dusun Sampangan? e).Apakah ada pengaruh yang paling dominan diantara harga solar, perubahan cuaca dan teknologi alat tangkap ikan terhadap pendapatan nelayan masyarakat dusun Sampangan? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah Untuk mengetahui apakah ada pengaruh harga solar, perubahan cuaca dan teknologi pendapatan ikan secara simultan dan parsiar serta variabel yang paling dominan terhadap pendapatan nelayan masyarakat dusun Sampangan Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Adapun metodologi dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode data sekunder dan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nelayan masyarakat dusun Sampangan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah para nelayan di dusun Sampangan dan analisis data menggunakan persamaan regresi berganda Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut:(1)berdasarkan hasil uji secara parsial harga solar secara signifikan ada pengaruh terhadap pendapatan, dengan nilai t hitung 8.878 > t tabel 2.045 dengan signifikansi 0.000<0.05.(2) dari hasil uji secara parsial perubahan cuaca secara signifikan ada pengaruh terhadap pendapatan, dengan nilai thitung -2.177>ttabel 2.045 dengan signifikansi 0,038<0.05.(3) dari hasil uji secara parsial teknologi alat tangkap ikan tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan, dengan nilai thitung -.112<ttabel 2.045 dengan signifikansi 0.192>0.05.(4) hasil uji secara simultan diketahui harga solar, perubahan cuaca dan teknologi alat tangkap ikan ada pengaruh secara signifikan terhadap pendapatan, dengan nilai f hitung 28.764>f tabel 3.33 dengan signifikansi 0.000<0.05.(5) dari hasil analisis secara parsial bahwa yang paling dominan dalam mempengaruhi pendapatan adalah harga solar, dengan nilai t hitung 8.878 > t tabel 2.045 dengan signifikansi 0.000<0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:50
Last Modified: 14 Mar 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20162

Actions (login required)

View Item View Item