Pengawasan Kredit Sindikasi di Perbankan Indonesia.

Nuraini, Dewi (2017) Pengawasan Kredit Sindikasi di Perbankan Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dewi Nuraini_083133008.pdf

Download (21MB)

Abstract

Dengan semakin meningkatnya pembangunan di Indonesia mempengaruhi meningkatnya kredit di Indonesia. Mengingat adanya keterbatasan suatu bank dalam memberikan suatu kredit kepada nasabah yang dikenal dengan Batas Maksimum Pemberian Kredit (BMPK) / Legal Lending Limit, menyebabkan bank tidak mampu memenuhi permohonan kredit nasabah yang terlalu tinggi, namun dengan hadirnya kredit sindikasi permintaan kredit dengan skala besar tetap dapat diberikan oleh pihak bank tanpa melanggar BMPK.Namun pada awal perkembanganya kredit sindikasi kurang diminati oleh kalangan perbankan.Setelah dibentunya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dibentuk baru kredit sindikasi menuju pada arah yang dituju. Berdasarkan uraian diatas, peneliti mengadakan penelitian yang berjudul pengawasan kredit sindikasi di Perbankan Indonesia Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perkembangan kredit sindikasi sebelum dan sesudah terbentuknya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) (2)Bagaimana peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam pengawasan bank-bank yang tergabung dalam sindikasi kredit di Perbankan Indonesia Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perkembangan kredit sindikasi sebelum dan sesudah terbentuknya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) (2) untuk mendeskripsikan peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam pengawasan bank-bank yang tergabung dalam sindikasi kredit di Perbankan Indonesia Pendekatan dan jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif, subyek penelitian dengan purposive, metode pengumpulan data dengan data primer dan data sekunder, analisis data dengan model Miles dan Huberman, dan keabsahan data dengan triangulasi teknik Sedangkan kesimpulan penelitian ini adalah (1) perkembangan kredit sindikasi periode Pakto 1988 kredit sindkasi mulai diminati namun karena adanya regulasi untuk menghimpun dana sebanyak banyaknya dari nasabah yang menyebabkan dana di perbankan meningkat sehingga kalangan perbankan dalam membiayai proyek besar tidak berpatungan dengan bank lain, melainkan membiayai sendiri kredit dalam jumlah besar tersebut. Pada tahun 2016 perbankan mulai menunjukkan peningkatan dalam melakukan kredit sindikasi yang disebabkan oleh semakin membaiknya regulasi dan pengawasan terhadap perbankan. (2) pengawasan bank-bank yang tergabung dalam sindikasi kredit di Perbankan Indonesia menggunakan dua metode Off-site Supervision dan On-site Examination.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150106 Sustainability Accounting and Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:50
Last Modified: 14 Mar 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20165

Actions (login required)

View Item View Item