Penerapan Prinsip KYC (Know Your Customer) pada BPRS Asri Madani Nusantara Kaliwates Jember.

Iryana, Evie (2017) Penerapan Prinsip KYC (Know Your Customer) pada BPRS Asri Madani Nusantara Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Evie Iryana_ 083 133 098.pdf

Download (5MB)

Abstract

Prinsip KYC merupakan Prinsip yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia pada tanggal 23 oktober 2003, dalam peraturan Bank Indonesia bank umum maupun BPR di wajibkan untuk menerapkan prinsip tersebut. Penerapan prinsip KYC ini sebagai salah satu upaya untuk mencegah agar sistem perbankan tidak digunakan sebagai sarana kejahatan pencucian uang, baik yang dilakukan langsung maupun tidak langsung oleh pelaku kejahatan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana prosedur prinsip KYC (Know Your Customer) pada BPRS Asri Madani Nusantara Kaliwates Jember?. 2) Bagaimana penerapan prinsip KYC (Know Your Customer) pada BPRS Asri Madani Nusantara Kaliwates Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana prosedur prinsip KYC (Know Your Customer) pada BPRS Asri Madani Nusantara Kaliwates Jember. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip KYC (Know Your Customer) pada BPRS Asri Madani Nusantara Kaliwates Jember. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif karena peneliti bermaksud untuk membuat deskriptif mengenai kejadian-kejadian yang terdapat selama penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Setelah dilakukan penelitian, penerapan prinsip KYC yang telah diterapkan di BPRS Asri Madani Nusantara Kaliwates-jember dengan menggunakan beberapa kebijakan yaitu: kebijakan penerimaan dan identifikasi nasabah, pemantauan dan pelaporan, kebijakan manajemen risiko, sedangkan prosedurnya mencakup: prosedur penerimaan nasabah, prosedur identifikasi dan verifikasi, prosedur penerimaan dan persetujuan, prosedur pemantauan dan pelaporan. Kata Kunci: Prinsip Know Your Customer (KYC)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:50
Last Modified: 14 Mar 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20172

Actions (login required)

View Item View Item