Strategi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Lokal Desa Blimbing Pakuniran Probolinggo.

Waqi'ah, Endang (2017) Strategi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Lokal Desa Blimbing Pakuniran Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Endang Waqi’ah_083134 065.pdf

Download (45MB)

Abstract

Desa Blimbing Kecamatan Pakuniran merupakan salah satu desa yang terletak di dataran tinggi atau pegunungan Kabupaten Probolinggo. Sebagai desa pegunungan yang hanya berpenduduk kurang lebih 700 orang, masyarakat Desa Blimbing dengan berbagai strategi atau cara agar bisa meningkatkan tarah perekonomiannya. Hidup di pegunungan dengan akses transportasi yang minim tidak menyurutkan masyarakat Blimbing untuk terus menerus memperbaiki tatanan ekonomi desa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif agar supaya hasil penelitian dapat dijelaskan secara jelas dan mendekati makna serta ketajaman analisis logis. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya metode analisa data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi peningkatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat Blimbing adalah modernisasi pertanian, pertokoan, bisnis sewa kebun sengon, usaha mebel (furnitur) dan industri kreatif atau kerajinan. Dengan usaha-usaha tersebut, masyarakat Blimbing mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari dan simpanan penghasilan. Pemanfaatan lahan di lereng pegunungan merupakan komponen penting dalam pertanian masyarakat. Oleh karena itu, sebagian besar masyarakat Blimbing menjadikan pertanian sebagai strategi peningkatan ekonomi yang utama. Di satu sisi, pertokoan adalah komponen ke dua dalam proses peningkatan perekonomian masyarakat, sebab para pemilik toko juga memiliki lahan pertanian. Selain itu, usaha bisnis furnitur dan sewa lahan sengon dilakukan oleh sebagian kecil masyarakat. Hal ini disebabkan minimnya modal usaha serta panjangnya masa panen untuk perkebunan sengon. Faktor pendukung strategi peningkatan ekonomi masyarakat adalah 1) sumber daya alam, 2) dukungan kesadaran pentingnya kerjasama antar warga masyarakat serta 3) sumber daya manusia yang mumpuni dalam usaha industri kreatif. Sedangkan faktor penghambat strategi peningkatan ekonomi masyarakat adalah 1) Minimnya para pengrajin sapu dan sulitnya akses penjualan. 2) Sebagian masyarakat bersifat pasif dalam peningkatan perekonomian, 3) dan Persaingan yang tidak sehat antar sesama pengusaha. Kata kunci: peningkatan,ekonomi,masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140211 Labour Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:50
Last Modified: 14 Mar 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20174

Actions (login required)

View Item View Item