Analisis Biaya Produksi Budidaya Ikan Hias Di Desa Sumberlesung Kabupaten Jember.

Ibrahim, Irham (2017) Analisis Biaya Produksi Budidaya Ikan Hias Di Desa Sumberlesung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Irham Ibrahim_083134128.pdf

Download (5MB)

Abstract

Selama ini UMKM pembudidayaan ikan hias telah mampu memberikan motivasi lingkungan masyarakat dan memberikan wawasan. Hal ini tentunya bisa menjadi penyelesaian masalah sosial ekonomi di tengah semakin bertambahnya pengangguran dari tahun ke tahun. Pertumbuhan UMKM yang dapat menciptakan pertumbuhan perekonomian dan lapangan pekerjaan mutlak diperlukan. Karena mengingat usaha ini cukup fleksibel dan dapat dengan mudah beradabtasi dengan pasang surut dan permintaan pasar yang tidak menentu. Agar perekonomian kita sebagai bangsa yang besar dapat diperhitungkan oleh negara-negara lain dan dapat bersaing dengan negara-negara besar. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana Biaya Produksi Budidaya Ikan Hias Di Desa Sumberlesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember? 2) bagaimana Biaya Produksi Budidaya Ikan Hias Dalam Jangka Waktu Panjang Di Desa Sumberlesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember ? Tujuan penelitian ini antara lain adalah: 1) Untuk mengetahui Biaya Produksi Budidaya Ikan Hias Di Desa Sumberlesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.2) untuk mengetahui Biaya Produksi Budidaya Ikan Hias Dalam Jangka Waktu Panjang Di Desa Sumberlesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primernya berupa hasil observasi dan wawancara di Lapangan melalui purposive sampling, sedangkan sumber data, Sumber data tersebut diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa secara kualitatif deskriptif dan diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa: (1) Pembudidayaan Ikan Hias mampu menciptakan suatu iklim yang dapat mengubah pola pikir baik mental maupun motivasi orang tua dosen dan mahasiswa agar kelak anak-anak mereka dibiasakan untuk menciptakan lapangan pekerjaan ketimbang mecari pekerjaan. (2) Ketiak melakukan suatu usaha atau bisnis haruslah teliti dalam menjalankan proses usahanya biak dari segi pembukuan dan penjumlahan. Kata kunci : Usaha Kecil, Budidaya Ikan Hias.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:51
Last Modified: 14 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20182

Actions (login required)

View Item View Item