Implementasi Prinsip Nubuwwah Dalam Operasional Usaha HORAS Dusun Sumberjo Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.

Emha A, Kholqillah (2017) Implementasi Prinsip Nubuwwah Dalam Operasional Usaha HORAS Dusun Sumberjo Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kholqillah Emha A_083134091.pdf

Download (5MB)

Abstract

HORAS merupakan salah satu industri rumah tangga yang berdomisili di Dusun Sumberjo Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember dengan pimpinan bapak H. Imam Ghozali. HORAS merupakan salah satuindustri rumah tangga yang menjalankan dua usaha yaitu usaha sate gule dan usaha depot isi ulang air mineral. Dalam menjalankan usahanya, HORAS mengoperasikan usahanya yaitu menggunakan pengklasteran antara peternakan dan perkebunan untuk menghasilkan produk sate gule. Air mineral HORAS menggunakan sumber mata air murni dari pegunungan. Dari dua macam usaha yang dioperasikan sudah menghasilkan produk yang sudah dapat dirasakan oleh konsumen. Juga menarik perhatian dari industri rumah tangga HORAS ini terdapat slogan “Halal dan diproses secara Islami” pada logo kemasan. Dalam hal ini fokus penelitian dikembangkan pada dua fokus, yaitu: 1) Bagaimana proses operasional yang diterapkan usaha HORAS Dusun Sumberjo Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember ? 2) Bagaimana implementasi prinsip nubuwwah dalam operasional usaha HORAS Dusun Sumberjo Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember ?. Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan proses operasional yang diterapkan usaha HORAS Dusun Sumberjo Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. 2) Mengetahui implementasi prinsip nubuwwah dalam operasional usaha HORAS Dusun Sumberjo Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Metode penelitian digunakan melaluipendekatan kualitatif, jenis studi kasus.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Dilakukan dengan cara pertama, pemilihan tenaga kerja yang jujur, tekun, ulet dan tanggung jawab. Kedua, menetapkan biaya tetap dan tidak tetap.Ketiga, proses produksi dilakukan secara Islami.Keempat, strategi pemasaran menggunakan marketing mix. 2) Pertama, prinsip siddiq diimplementasikan pada pemilihan tenaga kerja, penyampaian kekurangan dan kelebihan produk kepada konsumen. Kedua, prinsip amanah diimplementasikan pada pelayanannya yaitu bertanggung jawab dan menepati janji.Ketiga, prinsip tabligh diimplementasikan pada promosinya, diantaranya menyempaikan kebenaran produk kepada konsumen.Keempat, prinsip fathanah diimplementasikan pada perencanaan dan penataan produk. Kata Kunci: Operasional Usaha, Prinsip Nubuwwah, Halal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:51
Last Modified: 14 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20183

Actions (login required)

View Item View Item