Perencanaan Produksi Veneer Kayu Lapis Di PT. Sejahtera Usaha Bersama (SUB) Unit Jember Di Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.

Muarif, Mohammad Samsul (2017) Perencanaan Produksi Veneer Kayu Lapis Di PT. Sejahtera Usaha Bersama (SUB) Unit Jember Di Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Samsul Muarif_083 134 101.pdf

Download (42MB)

Abstract

PT. Sejahtera Usaha Bersama (SUB) merupakan perusahaan yang berada di daerah desa gambirono Kec. Bangsalsari Kab. Jember. Perusahaan ini spesialis pembuatan Veneer yang terbuat dari pohon sengon pilihan yang terbaik. Pada saat ini, perusahaan ini merencanakan produksi sesuai dengan pesanan dan massal, sehingga hal tersebut tidak menjamin bahwa aktivitas produksinya sudah berada pada tingkat yang efisien. Untuk mengatasi hal tersebut, maka aktivitas produksi selama ini di dalam perusahaan perlu dioptimumkan lagi dengan melakukan perencanaan agregat sehingga perusahaan dapat meminimumkan biaya produksi dengan kombinasi tenaga kerja serta bahan baku yang sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi. Dalam hal ini fokus penelitian dikembangkan pada dua fokus, yaitu: 1). Bagaimana penerapan perencanaan produksi di PT. Sejahtera Usaha Bersama (SUB) saat ini? 2). Bagaimana peranan perencanaan produksi dalam meningkatkan jumlah permintaan pada PT. Sejahtera Usaha Bersama (SUB) Desa Gambirono Kec. Bangsalsari Kab. Jember? Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk menentukan strategi perencanaan produksi yang sesuai untuk diterapkan pada Pabrik Triplek. 2). Untuk menjelaskan peranan perencanaan produksi dalam meningkatkan jumlah permintaan. Metode penelitian digunakan melalui pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Pertama, dengan adanya pilihan kapasitas perusahaan mengetahui langakah apa yang harus dilakukan untuk kedepannya, mulai dari mengubah tingkat persediaan, meragamkan ukuran tenaga kerja dengan merekrut atau memberhentikan karyawan, meragamkan tingkat produksi melalui waktu lembur atau waktu kosong, subkontrak, menggunakan karyawan paruh waktu. Kedua, dengan adanya pilihan permintaan perusahaan mengetahui apa yang mempengaruhi permintaan terhadap pelanggan dan bagaimana caranya mengatasi ini, tunggakan pesanan selama periode permintaan tinggi dan Perpaduan produk dan jasa yang counterseasonal (dengan musim yang berbeda). Ketiga, hubungan antara produksi dan tenaga kerja sangat efektif untuk mengetahui seberapa besar biaya yang perusahaan keluarkan untuk menghasilkan produk, dengan cara mencari tahu biaya tetap, biaya berubah, biaya total, biaya tetap rata-rata, biaya berubah rata-rata, biaya total rata-rata dan biaya marginal. Kata Kunci: Perencanaan Produksi, Biaya Produksi, Strategy Perencanaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:52
Last Modified: 14 Mar 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20201

Actions (login required)

View Item View Item