Analisis Moda Transportasi Dalam Menekan Efisiensi Biaya Distribusi di CV. Karunia Jaya Bondowoso.

Efendi, Mohammad (2017) Analisis Moda Transportasi Dalam Menekan Efisiensi Biaya Distribusi di CV. Karunia Jaya Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Efendi_083 134 047.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perusahaan industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi atau barang jadi menjadi barang yang bermutu tinggi dalam penggunaannya. Distribusi merupakan langkah yang semakin penting dalam persaingan untuk mendapatkan penjualan. Sekadar menawarkan produk dari keutamaan produk serta kualitas, harga dan promosi, banyak perusahaan telah beralih pada distribusi sebagai landasan strategi bisnis mereka. Pendekatan ini berarti menilai dan memperbaiki arus aktivitas secara keseluruhan (pedagang partai besar, pergudangan dan transportasi) yang tercakup dalam pengiriman produk-produk kepada pelanggan. Untuk memudahkan proses penelitian ini, maka peneliti membuat beberapa fokus masalah yang diantaranya: 1) Bagaimana pengaruh moda transportasi terhadap efisiensi biaya distribusi?, 2) Bagaimana cara menekan efisiensi biaya Distribusi?. Tujuan dari penellitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh moda transportasi terhadap efisiensi biaya distribusi. 2) Untuk mengetahui cara menekan efisiensi biaya distribusi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya studi kasus. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan interpretatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Pabrik CV. Karunia Jaya menggunakan moda transportasi yang kapasitas angkutnya sesuai dengan produk yang akan di distribusikan dengan tujuan mengefisiensi biaya distribusi. 2) Mengklasifikasi pesanan konsumen, dalam hal ini karyawan pemasaran menampung terlebih dahulu segala macam pesanan kemudian di klasifikasikan dengan jadwal yang ada agar menjadi satu jalur dalam proses distribusi. 3) Pemilihan moda transportasi distribusi, memilih moda transportasi sangat penting kaitannya dengan proses distribusi dan mengefisiensi biaya. Jadi CV. Karunia Jaya menggunakan moda transportasi yang sesuai dengan kapasitas permintaan para konsumen untuk menekan efisiensi biaya distribusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1507 Transportation and Freight Services > 150799 Transportation and Freight Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:52
Last Modified: 14 Mar 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20208

Actions (login required)

View Item View Item