Penyelesaian Kredit Bermasalah Simpan Pinjam Kelompok Perempuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan(PNPM Mp).

Hasanah, Musyrifatul (2017) Penyelesaian Kredit Bermasalah Simpan Pinjam Kelompok Perempuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan(PNPM Mp). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Musyrifatul Hasanah_083 123 067.pdf

Download (4MB)

Abstract

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM Mandiri Perdesaan atau PNPM Perdesaan) merupakan salah satu mekanisme program pemberdayaan masyarakat yang digunakan PNPM Mandiri dalam upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di wilayah tingkat pedesaan. Tujuan utama program ini adalah untuk membantu mensejahterakan masyarakat di tingkat pedesaan dengan memandirikan anggotanya. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: a). Untuk mengetahui proses pemberian kredit simpan pinjam kelompok perempuan pada PNPM-Mp Kecamatan Maesan? b). Bagaimana profil kredit bermasalah simpan pinjam perempuan pada PNPM MP Kecamatan. Maesan ? c). Langkah-langkah apa yang dilakukan PNPM MP untuk menyelesaikan kredit bermasalah simpan pinjam perempuan pada PNPM MP Kecamatan. Maesan? Tujuan penelitian merupakan gambaran tentang arah yang akan dituju dalam melakukan penelitian. Tujuan penelitian harus mengacu dan konsisten dalam masalah-masalah yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah. a). Untuk mengetahui proses pemberian kredit simpan pinjam kelompok perempuan pada PNPM MP Kec. Maesan. b). Untuk mengetahui profil kredit bermasalah pada PNPM MP Kec. Maesan. c). Untuk mengetahui Langkah-langkah apa yang dilakukan PNPM MP untuk menyelesaikan kredit bermasalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menitik beratkan pada penelusuran terhadap penyelesaian kredit bermasalah.Pendekatan kualitatif dibutuhkan dalam melihat sejauh mana penyelesaian kredit bermasalah diaplikasikan oleh PNPM MP. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan penelitian lapangan. Berarti peneliti mengeksplor secara mendalam tentang situasi dan kondisi yang menunjukkan persoalan yang diteliti.(Williams,2007:65). Dapat disimpulkan bahwa, UPK PNPM Mandiri pedesaan Kecamatan Maesan adalah salah satu UPK yang menerapkan prinsip-prinsip pemberian kredit, dengan analisa 5C (Character, Capacity, Capital, Condition of economy, Collateral) dalam penilaian kelayakan calon nasabah pembiayaan modal kerja untuk mengantisipasi adanya resiko yang tidak diinginkan. profil kredit dalam UPK PNPM-Mp Kecamatan Maesan tercatat ada 12 Desa yang mengajukan pinjaman modal kerja di UPK PNPM-Mp yang mana dalam masing-masing Desa terdapat 342 anggota kelompok dan yang bermasalah ada 197 anggota kelompok dari 324 anggota kelompok tersebut. UPK PNPM-Mp Kecamatan Maesan dalam menyelesaikan kredit bermasalah SPP dalam UPK PNPM-Mp menggunakan menyelamatkan kredit bermasalah dengan 3R (Rescheduling, Reconditioning, Restructuring).Prinsip kehati-hatian ini adalah upaya UPK PNPM Mandiri pedesaan Kecamatan Maesan untuk menyelamatkan kredit bermasalah yang terjadi di UPK PNPM-Mp untuk mencegah terjadinya kredit macet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:52
Last Modified: 14 Mar 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20209

Actions (login required)

View Item View Item