Alawiyah, Naslah (2019) Analisis Etika Bisnis Islam Pedagang di Wisata Religi Makam Habib Sholeh Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Naslah Alawiyah_083144084.pdf Download (4MB) |
Abstract
Etika bisnis Islam merupakan nilai-nilai Islam dalam aktivitas bisnis Islam yang telah disajikan dari perspektif al-Qur’an dan Hadist yang bertumpu pada enam prinsip, yaitu: Kebenaran, keadilan, amanah, halal, sederhana, dan persaudaraan. Sebagaimana Rasulallah SAW. selaku pelaku bisnis beliau menerapkan ekonomi yang berdasarkan kejujuran sebagai etika dasar dengan tidak menyembunyikan kekurangan dan mengunggulkan barang dagangannya melainkan berdasarkan realita. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah :1) Bagaimana penerapan etika bisnis Islam pedagang di wisata religi makam Habib Sholeh Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember? 2) Apa kendala dan hambatan dalam penerapan etika bisnis Islam pedagang di wisata religi makam Habib Sholeh Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis Islam pedagang di wisata religi makam Habib Sholeh Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember 2) untuk mengetahui apa kendala dan hambatan dalam penerapan etika bisnis Islam pedagang di wisata religi makam Habib Sholeh Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara,dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan etika bisnis Islam pedagang di wisata religi makam Habib Sholeh Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember sudah sesuai dengan etika bisnis Islam seperti menerapkan kejujuran, keadilan, transparansi, bertanggung jawab dan suka sama suka. 2) kendala dan hambatan penerapan etika bisnis Islam pedagang di wisata religi makam Habib Sholeh Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember adalah kurangnya pengawasan atau kontrling terhadap pedagang sehingga pedagang bisa mudah melakuka hal-hal yang dilarang oleh ajaran Islam serta minimnya pedagang dalam memahami etika bisnis Islam disebabkan karena faktor pendidikan yang rendah. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Pedagang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220102 Business Ethics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 08:52 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 08:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20213 |
Actions (login required)
View Item |