Aplikasi Manajemen Pemasaran Dalam Mengembangkan Koperasi (Studi Kasus Di KUD Tri Jaya Sraten Kec. Cluring).

A'la, Sultonul (2017) Aplikasi Manajemen Pemasaran Dalam Mengembangkan Koperasi (Studi Kasus Di KUD Tri Jaya Sraten Kec. Cluring). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sultonul A'La_083134012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Apapun jenis koperasinya proses pemasaran dimaksudkan untuk mencapai tujuan koperasi dalam mengembangkan koperasinya dan usaha-usaha koperasi tersebut. Begitupun KUD Tri Jaya Sraten yang mempunyai pemasaran yang baik sehingga koperasinya berkembang dengan baik dan mempunyai unit usaha yang banyak seperti: Unit usaha Pengadaan Pangan, Unit usaha Swalayan yang berjumlah empat ( 4 ), Unit usaha toko pertanian, Unit usaha Pelayanan Rek listrik, Unit usaha Jasa RMU, Unit usaha Jasa Simpan Pinjam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi manajemen pemasaran dalam mengembangkan koperasi di KUD Tri Jaya Sraten fokus masalah yang diteliti: (1). Bagaimana aplikasi manajemen pemasarannya (2).faktor yang mendukung manajemen pemasarannya, serta (3). Faktor yang menghambat manajemen pemasaran KUD Tri Jaya Sraten. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dan penelitian yang digunakan adalah Field Research (penelitian lapangan) Penentuan sumber data dari penelitian ini adalah Purposive sampling. Dan untuk mendapatkan data dari penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Koperasi Unit Desa Tri Jaya Sraten dalam mengembangkan koperasinya menggunakan manajemen pemasaran dalam bentuk promosi lewat radio, promosi undian hadiah tiap satu tahun sekali antara bulan januari, maret dan april agar nasabah puas dan tidak kecewa dalam menyimpan uangnya di KUD Tri Jaya Sraten. Dan dalam prakteknya KUD Tri Jaya Sraten langsung melakukan jemput bola keliling dari rumah ke rumah dalam mempromosikan dan mencari nasabahnya. (2). Faktor pendukung manajamen pemasaran KUD Tri Jaya Sraten adalah pelayanan dari unit usaha swalayan KUD Tri Jaya Sraten tersebut karena dari swalayan tersebut kelangsungan hidup permodalan KUD Tri Jaya Sraten menjadi stabil dan bisa menopang unit-unit lain sehingga modal KUD Tri Jaya Sraten bisa terpenuhi dengan baik, jika pelayanan swalayannya baik maka swalayan tersebut bisa ramai pembeli sehingga membawa keuntungan swalayan dan berdampak bagi permodalan dari KUD Tri Jaya Sraten, serta kepercayaan masyarakat terhadap KUD Tri Jaya Sraten agar menabung di KUD tersebut karena melihat perkembangan dan terkenalnya swalayan Tri Jaya sraten.(3). Dan faktor penghambat manajemen pemasaran dalam mengembangkan KUD Tri Jaya Sraten ini adalah dari segi permodalan dan persaingan dengan alfamart dan indomaret karena permodalan KUD Tri Jaya Sraten ini tidak bergantung dengan pemerintah serta perbankan. KUD Tri Jaya Sraten ini mencari permodalan sendiri dari tabungan nasabah dan unit-unit KUD lainnya seperti unit swalayan yang lebih di utamakan karena unit ini lebih besar dari yang lainnya oleh sebab itu swalayan KUD ini terus di kembangkan dari segi pelayanan dan harga agar mampu bersaing terus dengan alfamart dan indomart. Kata kunci : Aplikasi ( penerapan )

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:53
Last Modified: 14 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20218

Actions (login required)

View Item View Item