Pengaruh Kemasan, Harga dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Produk Makaroni Setan di IAIN Jember

Laili, Nurul (2017) Pengaruh Kemasan, Harga dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Produk Makaroni Setan di IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Laili_083 134 030.pdf

Download (4MB)

Abstract

Menurut teori, proses keputusan pembelian adalah sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang atau jasa, konsumen terlebih dahulu melakukan suatu proses pencarian informasi bagaimana produk produk tersebut dapat dibeli, bagaimana dengan cara pembayarannya dan bagaimana manfaat produk tersebut. Tidak heran jika seluruh konsumen termasuk mahasiswa dan dosen IAIN Jember dalam melakukan proses keputusan pembelian produk makaroni setan memperhatikan kemasan, harga dan promosi. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah adakah pengaruh kemasan, harga dan promosi terhadap proses keputusan pembelian produk makaroni setan di IAIN Jember secara parsial dan simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh kemasan, harga dan promosi terhadap proses keputusan pembelian produk makaroni setan di IAIN Jember secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Alat analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji mulitikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas) dan analisis regresi linier berganda (uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R2 )) dengan bantuan program SPSS versi 16.0 for windows. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1. Berdasarkan pengujian secara simultan (bersama-sama) yang menunjukkan bahwa nilai yang dihasilkan adalah lebih kecil dari 0,05, yaitu sebesar 0,013 dengan tingkat pengaruh sebesar 5%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel kemasan, harga dan promosiberpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk makaroni setan di IAIN Jember.2. Berdasarkan uji t dapat dilihat kemasan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Hal tersebut terbukti dengan hasil perhitungan SPSS, dimana nilai t hitung yang dihasilkan sebesar 0,440 < t tabel yakni 1,975.Berdasarkan analisis dan interpretasi diatas dapat dikatakan bahwa kemasan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Berdasarkan uji t dapat dilihat harga berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian.. Hal tersebut terbukti dengan hasil perhitungan SPSS, dimana nilai t hitung sebesar 2,372 > t tabel yakni 1,975. Berdasarkan analisis dan interpretasi diatas dapat dikatakan bahwa harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian.Berdasarkan uji t dapat dilihat promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Hal tersebut terbukti dengan hasil perhitungan SPSS, dimana nilai t hitung yang dihasilkan sebesar 1,103< t tabel yakni 1,975.Berdasarkan analisis dan interpretasi diatas dapat dikatakan bahwa promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Kata kunci : Kemasan, Harga, Promosi, Proses Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:53
Last Modified: 14 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20222

Actions (login required)

View Item View Item