Optimalisasi Hasil Produksi Usaha Kerupuk di Lingkungan Karang Mluwo Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.

Mukaromah, Putri Lailatul (2017) Optimalisasi Hasil Produksi Usaha Kerupuk di Lingkungan Karang Mluwo Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putri Lailatul Mukaromah_083134071.pdf

Download (4MB)

Abstract

Setiap perusahaan baik itu perusahaan industri, dagang maupun jasa mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh laba yang maksimal. Untuk mencapai tujuan tersebut maka perusahaan perlu mengoptimalkan hasil produksinya, karena dengan hasil produksi yang optimal juga akan memperoleh laba yang maksimal. Di Lingkungan Karang Mluwo terdapat delapan usaha kerupuk dan menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat, sehingga mengakibatkan persaingan yang sangat ketat. Hal itu menyebabkan para pengusaha kerupuk dituntut untuk bekerja dengan lebih giat, terutama di bidang produksi. Berdasarkan latar belakang yang sudah peneliti paparkan maka fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana cara dalam optimalisasi hasil produksi usaha kerupuk di Lingkungan Karang Mluwo? (2) Apa saja kendala dalam optimalisasi hasil produksi usaha kerupuk di Lingkungan Karang Mluwo? Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui cara pengusaha kerupuk dalam mengoptimalkan hasil produksi usaha kerupuk di Lingkungan Karang Mluwo (2) Mengetahui apa saja kendala dalam optimalisasi hasil produksi usaha kerupuk di Lingkungan Karang Mluwo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan sumber data menggunakan teknik purposive sampling, sedang metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi Sumber. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Cara mengoptimalkan hasil produksi kerupuk di lingkungan Karang Mluwo adalah dengan memperbanyak modal melalui menyisihkan sedikit keuntungan yang diperoleh, tanpa meminjam modal usaha dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah memilih tenaga kerja yang mau bekerja dengan serius dan profesional, tanpa memprioritaskan pendidikan. Dan memberikan upah yang layak dan tepat waktu. Dapat pula dengan cara menggunakan mesin pencetak kerupuk, supaya pembuatan kerupuk lebih efisien dan bagus. Memanfaatkan kekayaan alam seperti tanah sebagai tempat bangunan usaha, dan memanfaatkan air di sekitar bangunan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan kerupuk. Proses pembelian bahan baku secara langsung dan mengkombinasikan bahan baku yang bagus dengan bahan baku yang biasa. Bangunan didesain sesuai dengan kebutuhan proses pembuatan kerupuk, dengan model bangunan yang lebar, tinggi, berfentilasi, dan halaman yang luas. (2) Belum mampu membeli oven (alat pengering kerupuk). Ketika listrik padam, proses pembuatan kerupuk tidak maksimal, karena mesin sebagian masih menggunakan listrik. Kendala lainnya adalah bahan baku yang isinya tidak sesuai dengan takaran, sehingga kuantitas hasil produksi berkurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:53
Last Modified: 14 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20223

Actions (login required)

View Item View Item