Kontribusi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Pengembangan Usaha Mikro Bordir di Desa Gambor Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi.

Dewi, Ria Rosdiana (2017) Kontribusi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Pengembangan Usaha Mikro Bordir di Desa Gambor Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ria Rosdiana Dewi_083 134 090.pdf

Download (14MB)

Abstract

KontribusKUR merupakan salah satu program pengentasan kemiskinan melalui upaya pemberdayaan guna mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia dengan kemudahan akses dan bunga yang sangat rendah. Dengan adanya KUR, diharapkan agar pelaku UMKM yang memiliki peran sangat besar dalam pembangunan ekonomi dapat menunjang kegiatan usaha UMKM agar mampu bersaing dalam perekonomian global. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Apakah ada Kontribusi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Pengembangan Usaha Mikro Bordir di Desa Gambor Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi? (2) Seberapa besar Kontribusi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Pengembangan Usaha Mikro Bordir di Desa Gambor Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan Kontribusi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Pengembangan Usaha Mikro Bordir di Desa Gambor Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. (2) Untuk mendeskripsikan seberapa besar Kontribusi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Pengembangan Usaha Mikro Bordir di Desa Gambor Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Untuk mengidentifikasi permasalahn tersebut, peneliti menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengusaha bordir pengguna KUR di desa Gambor. Teknik pengambilam sampel menggunakan sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini adalah para pengusaha pengguna KUR dan analisis data menggunakan persamaan regresi linear sederhana. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil persamaan analisis regresi sederhana Y = 88,306 – 1,085 X bahwa Kredit Usaha Rakyat mempunyai kontribusi bagi pengembangan usaha mikro bordir di desa Gambor kecamatan Singojuruh kabupaten Banyuwangi (2) Berdasarkan hasil pengujian hipotesa t secara parsial bahwa Kredit Usaha Rakyat mempunyai kontribusi bagi pengembangan usaha mikro bordir di desa Gambor kecamatan Singojuruh kabupaten Banyuwangi. Terbukti hasil uji t Kredit Usaha Rakyat dengan t hitung -2,751 > t tabel 2,045 dengan signifikansi 0,010 < 0,05. Nilai t hitung -2,751 dianggap lebih besar (lebih jauh) jangkauannya dari nilai t tabel 2,045 dalam analisis regresi linear sederhana dengan kurva uji t yang menunjukkan arah penolakan hipotesis Ho. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Pengembangan Usaha Mikro Bordir di Desa Gambor Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:53
Last Modified: 14 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20228

Actions (login required)

View Item View Item