Peran Pimpinan Dalam Memotivasi Karyawan Guna Peningkatan Prestasi Kerja di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Genteng.

Fadilah, Qiqi (2017) Peran Pimpinan Dalam Memotivasi Karyawan Guna Peningkatan Prestasi Kerja di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Genteng. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qiqi Fadilah_083 133 126.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kepemimpinan yang menarik dari pimpinan BRI Syariah KCP Genteng yang dimana pimpinan bank tidak menerapkan kepemimipinan yang sangat ketat dan tidak menekan, akan tetapi menyadarkan karyawan akan tugas dan fungsi masing-masing karyawan. Sejauh yang peneliti amati, pola komunikasi yang tampak di BRI Syariah KCP Genteng berlangsung dengan terbuka dan harmonis. Model kepemimpinan dan pola komunikasi ini justru membuat karyawankaryawannya bekerja dengan semangat dan terbukti dengan prestasi kerja yang dicapai oleh karyawan. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pimpinan dalam memotivasi karyawan terhadap peningkatan prestasi kerja karyawan di BRI Syariah KCP Genteng?, (2) Bagaimana kinerja karyawan BRI Syariah KCP Genteng setelah adanya motivasi?, (3) Apa saja hambatan pimpinan BRI Syariah KCP Genteng dalam memotivas karyawan terhadap peningkatan prestasi kerja? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi pimpinan BRI Syariah KCP Genteng dalam memotivasi karyawan terhadap peningkatan prestasi kerja. (2) Untuk mengetahui kinerja karyawan setelah adanya motivasi dari pimpinan. (3) Untuk mengetahui hambatan pimpinan BRI Syariah KCP Genteng dalam memotivasi karyawan terhadap peningkatan prestasi kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penentuan informan menggunakan: teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: analisis deskriptif. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun temuan dari penelitian ini yaitu: (1) Strategi pimpinan BRI Syariah KCP Genteng dalam memotivasi karyawan terhadap peningkatan prestasi kerja ialah dengan menggunakan strategi pendekatan baik pendekatan secara personal dan melakukan motivasi secara langsung maupun tidak langsung. (2) Kinerja karyawan BRI Syariah KCP Genteng setelah adanya motivasi semakin meningkat, itu didukung dengan gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Pimpinan. Prestasi karyawan dibuktikan dengan diraihnya peringkat teratas sebagai BRI Syariah dengan pencairan terbanyak se kantor BRI Syariah Kabupaten Banyuwangi dan juara pertama untuk pelatihan Branch Operation Supervisor se Nasional. (3) Hambatan pimpinan BRI Syariah KCP Genteng dalam memotivasi karyawan terhadap peningkatan prestasi kerja berasal dari pimpinan itu sendiri dan karyawan. Hambatan dari pimpinan kurang terbukanya karyawan dalam menyampaikan masalah yang dihadapinnya. Dari karyawan ialah kurangnya pemahaman dalam menangkap apa yang disampaikan oleh pimpinan. (4) Cara mengatasi hambatan-hambatan dalam memotivasi karyawan guna meningkatkan prestasi kerja, pimpinan BRI Syariah KCP Genteng akan menagatasi hambatan tersebut dengan cara melakukan komunikasi secara teratur dan meningkatkan umpan balik atau feedback.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:54
Last Modified: 14 Mar 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20229

Actions (login required)

View Item View Item