Pengaruh Motivasi Membayar Pajak Dan Tingkat Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.

Soleha, Rivatus (2017) Pengaruh Motivasi Membayar Pajak Dan Tingkat Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rivatus Soleha_083 134 001.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena Sampai sekarang masih banyak warga masyarakat Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari yang beranggapan bahwa pajak merupakan pungutan bersifat paksaan yang merupakan hak istimewa pemerintah dengan tidak memberikan sosialisasi pemerintah kurang kepada pembayar pajak. Adanya kondisi seperti ini tidak mendukung upaya menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat untuk menjadi wajib pajak yang patuh membayar pajak, tetapi akan menjadi adanya kecenderungan untuk berusahan menghindari kewajiban pajak. tanggapan keliru tentang pajak ini, dapat mempengaruhi kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Adakah pengaruh motivasi membayar pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember? 2. Adakah pengaruh tingkat pengetahuan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari kabupaten Jember? 3. Adakan pengaruh motivasi membayar pajak dan tingkat pengetahuan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember? Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1. Berdasarkan pengujian secara simultan (bersama-sama) yang menunjukkan bahwa nilai yang dihasilkan adalah lebih kecil dari 0,05, yaitu sebesar 0,000 dengan tingkat pengaruh sebesar 36%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel Motivasi Membayar Pajak dan Tingkat Pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. 2. Berdasarkan uji t dapat dilihat Motivasi Membayar Pajak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Hal tersebut terbukti dengan hasil perhitungan SPSS, dimana nilai signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi 0,05 (0,000<0,05).Berdasarkan analisis dan interpretasi diatas dapat dikatakan bahwa Motivasi Membayar Pajak secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. 3. Berdasarkan uji t dapat dilihat Tingkat Pengetahuan Pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Hal tersebut terbukti dengan hasil perhitungan SPSS, dimana nilai signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,395. Karena nilai signifikansi 0,05(0,395>0,05). Berdasarkan analisis dan interpretasi diatas dapat dikatakan bahwa Tingkat Pengetahuan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150107 Taxation Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:54
Last Modified: 14 Mar 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20232

Actions (login required)

View Item View Item