Pengaruh Pelayanan dan Pemanfaatan Fasilitas “Pajak Online” Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Jember

Ambarwati, Santi Aji (2017) Pengaruh Pelayanan dan Pemanfaatan Fasilitas “Pajak Online” Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Santi Aji Ambarwati_083 134 097.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pajak merupakan iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undangundang (yang dapat dipaksakan) dengan tiada mendapat jasa timbal (kontrasepsi) yang langsung dapat ditunjukkan dan digunakan untuk membayar pengeluaran umum. Kepatuhan wajib pajak menjadi asspek penting mengingat sistim perpajakan Indonesia menganut sistim self assessment dimana dalam prosesnya secara mutlak memberikan kepercayaan kepada wajib pajak untuk menghitung, membayar dan melapor kewajibannya. Direktorat Jenderal Pajak juga mengeluarkan sistim “pajak online” dimana salah satunya terdapat pelaporan SPT secara e-filling. Peningkatan kinerja di KPP Pratama juga berpengaruh dalam hal pemberian pelayanan yang baik terhadap wajib pajak. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Apakah pelayanan dan pemanfaatan fasilitas “Pajak Online” berpengaruh signifikan secara parsial terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak? (2) Apakah pelayanan dan pemanfaatan fasilitas “Pajak Online” berpengaruh signifikan secara simultan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak? (3) Seberapa besar pelayanan dan pemanfaatan fasilitas “Pajak Online” berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelayanan dan pemanfaatan fasilitas “Pajak Online” yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak. (2) Untuk mengetahui adanya pelayanan dan pemanfaatan fasilitas “Pajak Online” yang berpengaruh signifikan secara simultan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pelayanan dan pemanfaatan fasilitas “Pajak Online” berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode survei dengan metode pendekatan Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak di KPP Pratama Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling, yaitu menentukan sampel secara kebetulan dan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan yaitu regresi berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: (1)Analisis Regresi berganda Y = 22,850 + 0,343X1+0,043X2 bahwa Pelayanan dan Pemanfaatan Fasilitas “Pajak Online” berpengaruh terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak. (2) Nilai t hitung pada variabel pelayanan adalah sebesar 2,126 dengan tingkat signifikan 0,036 (0,036 < 0,05) maka Ha diterima Ho ditolak. Sehingga dapat dikatakan bahwa pelayanan mempunyai pengaruh terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak. Nilai t hitung variabel pemanfaatan fasilitas “pajak online” adalah sebesar 0,037 dengan tingkat signifikan 0,737 (0,737 > 0,05) maka Ha ditolak Ho diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa pemanfaatan fasilitas “pajak online” tidak mempunyai pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. (3) nilai F hitung sebesar 3,087 dengan tingkat signifikansi ≤ 0,05 maka Ha diterima Ho ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:54
Last Modified: 14 Mar 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20233

Actions (login required)

View Item View Item