Penerapan Prinsip-Prinsip Koperasi di KUD Tani Makmur Desa Kandangtepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.

Diana, Shinta Riska (2017) Penerapan Prinsip-Prinsip Koperasi di KUD Tani Makmur Desa Kandangtepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shinta Riska Diana_083 134 003.pdf

Download (5MB)

Abstract

Prinsip-prinsip koperasi merupakan jiwa dari koperasi, sekaligus sebagai indikator pembeda antara koperasi dengan badan usaha non koperasi. Dari prinsip koperasi ini juga dapat ditelusuri apa tujuan koperasi dan alat serta upaya apa yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Sedangkan etika bisnis Islam merupakan suatu proses dan upaya untuk mengetahui hal-hal yang benar dan yang salah yang sesuai norma serta ketentuan dalam syariat Islam, yang selanjutnya akan digunakan sebagai alat analisis untuk penelitian ini. Pada penelitian ini, peneliti membuat beberapa fokus masalah yang diantaranya: 1) Bagaimana penerapan prinsip-prinsip koperasi di KUD Tani Makmur Desa Kandangtepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang? 2) Bagaimana perspektif etika bisnis Islam terhadap penerapan prinsip-prinsip koperasi di KUD Tani Makmur Desa Kandangtepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip koperasi di KUD Tani Makmur Desa Kandangtepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan perspektif etika bisnis Islam terhadap penerapan prinsip-prinsip koperasi di KUD Tani Makmur Desa Kandangtepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu 1) Penerapan prinsip-prinsip koperasi di KUD Tani Makmur adalah sebagai berikut: a. Prinsip keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka.b. Prinsip pengelolaan dilakukan secara demokratis.c. Prinsip pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan besarnya jasa usaha.d. Prinsip pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal.e. Prinsip kemandirian.f. Kerja sama antar koperasi. 2) Perspektif etika bisnis Islam terhadap penerapan prinsip-prinsip koperasi di KUD Tani Makmur Kandangtepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang: a. Prinsip amanah diterapkan oleh KUD Tani Makmur melalui prinsip koperasi pengelolaan dilakukan secara demokratis dan kemandirian. b. Prinsip kejujuran diterapkan oleh KUD Tani Makmur melalui prinsip pengelolaan dilakukan secara demokratis serta dengan adanya RAT dan LPJ. c. Prinsip keadilan diterapkan di KUD Tani Makmur melalui prinsip koperasi keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka serta prinsip pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan besarnya jasa usaha dan prinsip balas jasa yang terbatas terhadap modal. d. Prinsip integritas moral diterapkan di KUD Tani Makmur melalui prinsip koperasi kerjasama antar koperasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:54
Last Modified: 14 Mar 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20235

Actions (login required)

View Item View Item