Kontribusi Upacara Keagamaan Masyarakat Hindu Terhadap Peningkatan Omset Penjualan Pedagang Buah Di Desa Kaliploso Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi.

Nurcahyanti, Wiwik (2017) Kontribusi Upacara Keagamaan Masyarakat Hindu Terhadap Peningkatan Omset Penjualan Pedagang Buah Di Desa Kaliploso Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wiwik Nurcahyanti_083 134 078.pdf

Download (4MB)

Abstract

Upacara Keagamaan Masyarakat Hindu Di Bali merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan omset penjualan pedagang buah di Desa Kaliploso Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Dengan adanya upacara adat masyarakat di Bali maka dapat meningkatkan permintaan buah para pedagang dibandingkan hari biasa dan dapat meningkatkan omset penjualan lebih banyak dibandingkan hari biasa. Pengiriman buah di Bali dapat bersaing dengan pengiriman buah ke daerah lainnya. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh upacara keagamaan masyarakat agama Hindu Bali terhadap peningkatan omset penjualan pedagang buah di Desa Kaliploso, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi? (2)Seberapa besar pengaruh upacara keagamaan masyarakat Hindu Bali terhadap peningkatan omset penjualan pedagang buah di Desa Kaliploso, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh upacara keagamaan masyarakat Hindu Bali terhadap peningkatan omset penjualan pedagang buah di Desa Kaliploso Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh upacarakeagamaan masyarakat Hindu Bali terhadap peningkatan omset penjualan pedagang buah di Desa Kaliploso Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pedagang buah di Desa Kaliploso Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Sampel pada penelitian ini adalah seluruh pedagang buah yang mendistribusikan buah ke Bali dan analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut (1) berdasarkan hasil persamaan analisis regresi sederhana Y = 32,245 – 0,514 X bahwa upacara keagamaan masyarakat Hindu Bali berpengaruh terhadap peningkatan omset penjualan pedagang buah di Desa Kaliploso Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. (2) berdasarkan hasil pengujian hipotesa t secara parsial bahwa upacara kebudayaan masyarakat hindu Bali mempunyai pengaruh terhadap peningkatan omset penjualan pedagang buah di Desa Kaliploso Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi sebesar 10,3 % berdasarkan R Square pada tabel Uji Koefisien Determinasi. Terbukti hasil uji t upacara keagamaan masyarakat Hindu Bali dengan thitung 1,829 < ttabel 2,045 dengan signifikansi 0,078 > 0,05. Maka nilai t hitung 1,829 dianggap lebih kecil jangkauan dari nilai t tabel 2,045 dalam analisis regresi sederhana dengan kurva uji t yang menunjukkan arah penerimaan hipotesis Ho. Maka Ha ditolak dan Ho diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:54
Last Modified: 14 Mar 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20242

Actions (login required)

View Item View Item