Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Masyarakat Sekitar PTPN XI Paabrik Gula Gending Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo.

Aini, Syarifah (2017) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Masyarakat Sekitar PTPN XI Paabrik Gula Gending Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Syarifah Aini_083134002.pdf

Download (17MB)

Abstract

Pendapatan merupakan suatu hasil yang diterima oleh seseorang atau rumah tangga dari berusaha atau bekerja. Pendapatan sebagai ukuran kemakmuran yang telah dicapai oleh seseorang atau keluarga pada beberapa hal merupakan faktor yang cukup dominan untuk mempengaruhi keputusan seseorang atau keluarga terhadap suatu hal. Pendapatan keluarga sangat menentukan besarnya alokasi waktu yang digunakan tenaga kerja untuk bekerja. Semakin tinggi tingkat pendapatan yang diperoleh suatu keluarga, maka semakin rendah alokasi waktu yang dicurahkan untuk bekerja. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: pokok masalah a. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan masyarakat sekitar PTPN XI Pabrik Gula Gending Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo? b. faktor-faktor apa yang paling mempengaruhi tingkat tingkat pendapatan masyarakat sekitar PTPN XI Pabrik Gula Gending Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah a. Untuk mengetahui seberapa besar analisis faktor-faktor yang mempengaruh tingkat pendapatan masyarakat sekitar PTPN XI Pabrik Gula Gending Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. b. Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang paling berpengaruh terhadap tingkat pendapatan masyarakat sekitar PTPN XI Pabrik Gula Gending Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Adapun metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berupa data yang sudah di publikasikan oleh Badan Pusat Sttistik Kabupaten Probolinggo. sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda. Hasil estimasi dari data menggunakan uji t (parsial) menunjukkan bahwa pendidikan kepala keluarga sebesar 0.000 karena nilai signifikan yang dihasilkan dibawah 0.05 maka berpengaruh terhadap tingkat pendapatan, curah jam kerja sebesar 0.452 karena nilai signifikan yang dihasilkan dibawah 0.05 maka tidak berpengaruh terhadap tingkat pendapatan dan jumlah anggota keluarga yang bekerja sebesar 0.009 karena nilai signifikan yang dihasilkan dibawah 0.05 maka berpengaruh terhadap tingkat pendapatan masyarakat sekitar PTPN XI Pabrik Gula Gending Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat pendapatan masyarakat sekitar PTPN XI Pabrik Gula Gending Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo adalah variabel pendidikan kepala keluarga tersebut dibuktikan hasil uji t-statistik dengan nilai koefisien sebesar 0.000

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:55
Last Modified: 14 Mar 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20248

Actions (login required)

View Item View Item