Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Melalui Produk Kopi Pada Pondok Pesantren AtTanwir di Dusun Sumber Gadung Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.

Rofiqoh, Thoyyibatur (2019) Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Melalui Produk Kopi Pada Pondok Pesantren AtTanwir di Dusun Sumber Gadung Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Thoyyibatur Rofiqoh_083 144 099.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemberdayaan ekonomi pesantren dalam penelitian ini adalah upaya membuat para santri agar dapat berdaya dengan cara pemuatan ekonomi yang dilaksanakan oleh pondok pesantren At-Tanwir agar bermanfaat dengan tujuan para santri tersebut bisa mandiri. Dengan adanya pelaksanaan upaya pemberdayaan ekonomi pesantren dengan melalui produk kopi di pondok pesantren At-Tanwir dapat meningkatkan kegiatan kewirausahaan yang meliputi pelatihan usaha, permodalan, pendampingan dan pemasaran. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka fokus penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pemberdayaan ekonomi pesantren melalui produk kopi pada Pondok Pesantren At-Tanwir di Dusun Sumber Gadung Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember ? dan bagaimana respon santri yang mengikuti pengelolaan produk kopi di Pondok Pesantren At-Tanwir ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan ekonomi pesantren melalui produk kopi pada Pondok Pesantren At-Tanwir di Dusun Sumber Gadung Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember dan untuk mengetahui respon santri yang mengikuti pengelolaan produk kopi di Pondok Pesantren At-Tanwir. Pendekatan yang di lakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di Dusun Sumber Gadung Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Subyek penelitian adalah purposive yaitu pengasuh, pengurus dan santri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam rangka pelaksanaan pemberdayaan ekonomi pesantren melalui produk kopi pada pondok pesantren At-Tanwir meliputi pelatihan usaha, permodalan dan pemasaran dan respon santri yang mengikuti pengelolaan produk kopi di pondok pesantren At-Tanwir yang sangat mendukung dalam pelaksanaan pemberdayaan ekonomi dengan adanya fasilitasfasilitas sebagai salah satu usaha mengembangkan ekonomi. Kata kunci: Pemberdayaan, Ekonomi Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:55
Last Modified: 14 Mar 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20249

Actions (login required)

View Item View Item