Prinsip Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa(APBDes) Di Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember

Marzah, Ulul (2017) Prinsip Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa(APBDes) Di Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ulul Marzah_083 134 113.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kekuasaan dan keuangan yang memberikan pengalaman menyebabkan kurangnya tanggungjawab oleh pelaksana keuangan, sebab itu perlu diadakannya akuntabilitas pemerintah supaya menghindari hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip akuntabilitas. Akuntabilitas tidak lepas dari akuntansi, akuntansi tidak mudah dijalankan maupun dipahami, perlu untuk memiliki pengetahuan yang memadai. Prinsip akuntabilitas pengelolaan keuangan dana APBDes sesuai dengan laporan keuangan (Permendagri No 113 Tahun 2014). Dilakukan untuk mengetahui apakah akuntabilitas pengelolaan keuangan dana desa telah di lakukan dengan baik. Dan seorang yang melakukan pencatatan akuntabilitas telah memenuhi standart pendidikan serta mahir dalam penggunaan akuntansi. Fokus masalah yang diteliti (1)Apakah prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan dana APBDes di Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember telah sesuai dengan Permendagri No. 113 Tahun 2014?(2) Apa hambatan pelaksanaan akuntabilitas dalam pengelolaan dana APBDes di Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember? Dengan tujuan (a) Untuk mengetahui prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan dana APBDes di Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember telah sesuai dengan Permendagri No. 113 Tahun 2014. (b) Untuk mengetahui apa hambatan pelaksanaan akuntabilitas dalam pengelolaan dana APBDes di Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Untuk mengindentifikasi permasalahan penelitian ini menggunakan pendekatanpenelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan yang berlokasi penelitian di Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember dengan subyek penelitian menggunakan purposive.Teknik pengumpulan data:Observasi,wawancara, dokumentasi menggunakan keabsahan data dengan alatuji kredibilitas data. Peneliti memperoleh kesimpulan (1) prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan dana desa meliputi sederhana, partisipatif, berkelanjutan, akuntabel, tranparan dan keadilan. (2) hambatan dalam pelaksanaan akuntabilitas sebagaimana disebutkan diantaranya: masyarakat kurang mendukung, rendahnya imbalan, pengabaian kepentingan individu dan mementingkan kepentingan pribadi, buruknya sistem akuntansi, dan kurang keinginan dara semua pihak (masyarakat dan pemerintah) Kata Kunci : Prinsip Akuntabilitas, Pengelolaan Dana APBDes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:55
Last Modified: 14 Mar 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20251

Actions (login required)

View Item View Item