Pengaruh Tingkat Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Daerah Tapal Kuda Di Jawa Timur.

Hanifa, Wilda Nur (2017) Pengaruh Tingkat Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Daerah Tapal Kuda Di Jawa Timur. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wilda Nur Hanifa_083 134 083.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia merupakan indeks untuk mengukur dimensi-dimensi pokok pencapaian status kemampuan dasar penduduk. Permasalahan pembangunan manusia berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi dan tingkat kemiskinan yang belum teratasi. Hal yang harus diperhatikan yaitu akses masyarakat dalam memperoleh pelayanan pendidikan, kesehatan dan meningkatkan produktivitas sektor primer dan tersier. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Apakah tingkat kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap indeks pembangunan manusia daerah Tapal Kuda di Jawa Timur? (2)Apakah tingkat kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap indeks pembangunan manusia daerah Tapal Kuda di Jawa Timur? (3) Variabel bebas mana yang berpengaruh dominan terhadap indeks pembangunan manusia daerah Tapal Kuda di Jawa Timur?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui tingkat kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap indeks pembangunan manusia daerah Tapal Kuda di Jawa Timur. (2) Untuk mengetahui tingkat kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap indeks pembangunan manusia daerah Tapal Kuda di Jawa Timur. (3) Untuk mengetahui Variabel bebas mana yang berpengaruh dominan terhadap indeks pembangunan manusia daerah Tapal Kuda di Jawa Timur Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitianini menggunakan data sekunder dari total daerah Tapal Kuda di Jawa Timur dalam kurun waktu 2011-2015. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Analisis regresi berganda Y = 65,500 – 0,239X1 + 0,164X2 bahwa Tingkat Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh terhadap IPM.Nilaithitung variabel tingkat kemiskinan sebesar -2,658 dengan tingkat signifikansi 0,013 (0,013< 0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga tingkat kemiskinan berpengaruh terhadap IPM. Nilaithitung variabel pertumbuhan ekonomi sebesar 0,298 dengan tingkat signifikansi 0,768 (0,768> 0,05) maka Ha ditolak dan Ho diterima, sehingga pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh terhadap IPM. (2) NilaiFhitung sebesar 4,223 dengan nilai signifikansi 0,025 (0,025< 0,05) maka tingkat kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi secara simultan berpengaruh terhadap IPM. (3) variabel bebas yang paling dominan dalam mempengaruhi indeks pembangunan manusia adalah tingkat kemiskinan. Kata Kunci :Tingkat Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:55
Last Modified: 14 Mar 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20256

Actions (login required)

View Item View Item