Upaya Penanggulangan Kemiskinan Melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember.

Safitri, Yuyun Intan (2017) Upaya Penanggulangan Kemiskinan Melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yuyun Intan Safitri_083 134 075.pdf

Download (6MB)

Abstract

Di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember dengan jumlah penduduk 16.141 Jiwa dengan 862 KK warga miskin atau sekitar 5,34% masyarakatnya masih tergolong dalam kategori miskin atau kurang mampu, dalam hal ini pemerintah menangani persoalan kemiskinan yang ada di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember dengan upaya pengentasan kemiskinan melalui program yang dibuat pemerintah pusat yaitu Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) sejak tahun 2007. Fokus Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana upaya PNPM Perdesaan dalam penanggulangan kemiskinan masyarakat Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember?, (2) Bagaimana realisasi program PNPM dalam menanggulangi kemiskinan Masyarakat Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember?,(3) Bagaimana proses pengawasan dan evaluasi PNPM dalam menanggulangi kemiskinan di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember?. Tujuan Penelitian ini adalah, (1) Mengetahui upaya PNPM dalam penanggulangan kemiskinan masyarakat di Desa Puger Kulon. (2) Mengetahui realisasi PNPM dalam penanggulangan kemiskinan Masyarakat Desa Puger Kulon. (3) Mengetahui proses monitoring dan evaluasi PNPM dalam penanggulangan kemiskinan di Desa Puger Kulon. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : (1) upaya PNPM Perdesaan dalam penanggulangan kemiskinan adalah dengan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur, penyediaan, pendampingan, dan pendanaan stimulan untuk mendorong masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan. (2) Realisasi program PNPM dalam menanggulangi kemiskinan Masyarakat Desa Puger Kulon adalah dengan tiga program, yaitu program plesterisasi, program jambanisasi dan program SPP (simpan pinjam perempuan). (3) proses evaluasi dan pengawasan PNPM dalam menanggulangi kemiskinan adalah melakukan survei ke bagian penerima bantuan, melakukan musyawarah dan sosialisasi enam bulan sekali untuk plesterisasi dan jambanisasi. Evaluasi program SPP dilakukan dengan mendatangi kelompok-kelompok yang telah mendapat pengembangan kapasitas usaha setiap satu bulan sekali untuk melakukan pemantauan dari usaha yang sedang dijalankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:56
Last Modified: 14 Mar 2023 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20259

Actions (login required)

View Item View Item