Strategi Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dalam Memberdayakan Ekonomi Umat (Studi di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat cabang Jember).

Rahman, Alfian Izzat El (2017) Strategi Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dalam Memberdayakan Ekonomi Umat (Studi di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat cabang Jember). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alfian Izzat El Rahman_0839215013.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Lembaga Amil Zakat, Pemberdayaan Ekonomi, Zakat. Ekonomi Islam merupakan solusi yang ditawarkan untuk menciptakan kestabilan dunia perekonomian saat ini. Ekonomi Islam hadir dengan tujuan untuk mensejahterakan kehidupan manusia. Salah satu instrumennya adalah dengan menerapkan zakat. Indonesia mempunyai potensi zakat yang sangat besar untuk memberdayakan kehidupan penerima zakat. Tetapi hal tersebut tidak terwujud karena pendistribusian zakat yang ada didominasi oleh distribusi yang bersifat konsumtif. Oleh karena itu, Lambaga Amil Zakat (LAZ) harus mempunyai program yang bersifat untuk memberdayakan kehidupan ekonomi mustahik dengan distribusi yang bersifat produktif. Salah satu Lembaga Amil Zakat yaitu Nurul Hayat mempunyai program kerja yang bertujuan untuk memberdayakan kehidupan mustahik melalui programprogamnya dengan semboyan “mustahik to muzakki”. Lembaga Nurul Hayat ini tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya adalah Nurul Hayat cabang Jember yang menjadi objek penelitian tesis ini. Berkaitan dengan ini, maka di tentukan fokus penelitian 1. Bagaimana penghimpunan dana zakat di yayasan Nurul Hayat cabang Jember. 2. Bagaimana pendistribusian dana zakat di yayasan Nurul Hayat cabang Jember dan 3. Bagaimana upaya Nurul Hayat cabang Jember dalam memberdayakan ekonomi umat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui penghimpunan dana zakat di yayasan Nurul Hayat cabang Jember, mengatahui pendistribusian dana zakat di yayasan Nurul Hayat cabang Jember dan untuk mengetahui upaya Nurul Hayat cabang Jember dalam memberdayakan ekonomi umat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Obsevasi, interview dan dokumentasi. Data yang didapat dianalisa menggunakan metode deskriptif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka disimpulkan, 1. penghimpunan dana zakat di yayasan Nurul Hayat cabang Jember menggunakan dua teknik penghimpunan, yaitu penghimpunan secara langsung dan penghimpunan secara tidak langsung, 2. pendistribusian dana zakat di yayasan Nurul Hayat cabang Jember berdasarkan sifatnya dapat diklasifikasik ke dalam tiga bagian yaitu distribusi yang bersifat konsumtif tradisional, distribusi yang bersifat konsumtif kreatif dan distribusi yang bersifat produktif tradisional, 3. Upaya yang dilakukan Nurul Hayat cabang Jember dalam memberdayakan ekonomi umat dapat diklasifikasikan ke dalam dua hal. Pertama dengan memberikan modal kerja kepada mustahik dan transaksinya bersifat bagi hasil. Kedua dengan memberikan beasiswa pendidikan yang di dalamnya juga terdapat pelatihan kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:06
Last Modified: 17 Mar 2023 01:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20276

Actions (login required)

View Item View Item