Pengelolaan Wakaf Tunai di Yayasan Ibnu Katsir Jember Perspektif Ekonomi Islam

Mustafidah, Ayyu Ainin (2016) Pengelolaan Wakaf Tunai di Yayasan Ibnu Katsir Jember Perspektif Ekonomi Islam. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ayyu Ainin Mustafidah_0839214004.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci : pengelolaan, wakaf tunai, penghimpunan dana Wakaf merupakan institusi sosial dan keagamaan Islam yang telah memainkan peranan penting dalam sejarah masyarakat Muslim dan pengembangan negara-negara Islam. wakaf tunai merupakan salah satu solusi yang dapat menjadikan wakaf menjadi produktif. Potensi wakaf tunai yang dimiliki oleh Indonesia sangat besar akan tetapi wacana wakaf tunai di Indonesia terbilang suatu hal yang baru. Pengelolaan wakaf tunai secara profesional diharapkan mampu mengembangkan wakaf tunai. Yayasan Ibnu katsir merupakan lembaga Islam yang dalam prakteknya menggunakan wakaf sebagai strategi pengembangan yayasannya.Yayasan memberikan kemudahan dalam mengumpulkan dana dari masyarakat yaitu dengan membentuk wakaf tunai dalam beberapa program. Dalam penulisan ini, fokus penelitian dirumuskan sebagai berikut; pertama, penghimpunan wakaf tunai di Yayasan Ibnu Katsir Jember. Kedua, pengmbangan dan pemeberdayaaan wakaf tunai. Ketiga, kendala dalam pengembangan dan pemberdayaan wakaf tunai. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang; pertama, penghimpunan wakaf tunai yang ada di Yayasan Ibnu Katsir. Kedua, bentuk pengembangan dan pemberdayaan wakaf tunai dan ketiga, kendala dalam pengembangan dan pemberdayaan wakaf tunai. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat sebagai masukan yang positif bagi pengembangan ekonomi syariah, memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam mengenai wakaf tunai. Memberi jawaban atas permasalahan yang diteliti dan sebagai sosialisasi dikalangan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus lapangan (Field Research). Analisis yang dilakukan menggunakan analisis model sirkulasi Nasution. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penghimpunan wakaf tunai terdapat tahapan yang dilakukan yakni perencanaan,strategi dan pelaksanaan penghimpunan. Uang yang diperoleh tidak digunakan untuk investasi. Pengembangan yang dilakukan tidak berbentuk investasi melainkan dalam bentuk pengembangan gedung dan penambahan sarana prasarana, maka hal itu belum bisa dikatakan sebagai wakaf tunai akan tetapi wakaf yang mengarah pada wakaf benda tidak bergerak. Kendala yang dihadapi dalam pengelolaan datang dari internal maupun eksternal. Kendala internal adalah kurangnya sumber daya manusia (SDM), kurangnya pemahaman tentang wakaf tunai dan belum terbentuknya sistem yang khusus menangani wakaf tunai. faktor ekstenal yang dihadapi adalah belum ada nya partner dan belum adanya lembaga khusus di daerah Jember yang menangani wakaf tunai dengan kata lain belum adanya perwakilan BWI di tingkat kabupaten. Untuk memebuat harta tersebut masuk dalam kategori wakaf tunai dengan cara membuat program donasi yang khusus untuk pengembangan ekonomi dimana semua uang yang masuk di dalamnya akan di investasikan dengan akad wakaf tunai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:06
Last Modified: 17 Mar 2023 01:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20278

Actions (login required)

View Item View Item