Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzakki Dalam Menunaikan Zakat Di Nurul Hayat Cabang Jember.

Yazid, Azy Athoillah (2017) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzakki Dalam Menunaikan Zakat Di Nurul Hayat Cabang Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Azy Athoillah Yazid_0839215003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Religiusitas, Citra Lembaga, Minat Muzakki Menunaikan Zakat Kualitas Layanan LAZ (Lembaga Amil Zakat) merupakan hal penting dalam meningkatkan minat muzakki dalam menunaikan zakat di LAZ. LAZ dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas layanan terutama kepada muzakki agar memiliki konsistensi dalam berzakat. Selain kualitas layanan, religiusitas dan citra lembaga juga mempunyai pengaruh penting dalam meningkatkan minat muzakki. Penilitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah, yaitu apakah terdapat pengaruh antara kualitas layanan (X1), religiusitas (X2), dan citra lembaga (X3) terhadap minat muzakki (Y1). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teori milik Ferdinand sejumlah 90 orang yang dibulatkan menjadi 100 orang muzakki dari populasi yang belum diketahui. Analisis yang dilakukan menggunakan Analisis Regresi Berganda. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 14.00 Hasil Analisis menunjukkan bahwa pengaruh Kualitas Layanan terhadap minat muzakki adalah positif signifikan, dengan Koefisien Jalur Standardize pengaruh langsung sebesar 0,517. Pengaruh Religiusitas terhadap minat muzakki adalah positif signifikan, dengan Koefisien Jalur Standardize pengaruh langsung sebesar 0,148. Pengaruh Citra Lembaga terhadap minat muzakki adalah positif signifikan, dengan Koefisien Jalur Standardize pengaruh langsung sebesar 0,194.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:06
Last Modified: 17 Mar 2023 01:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20279

Actions (login required)

View Item View Item