Mimpi Tentang Juz Min Al Nubuwwah Dalam Kitab Shahih Bukhari No. 6983 (Studi Ma’anil Hadits)

Hasanah, Imro'atul (2019) Mimpi Tentang Juz Min Al Nubuwwah Dalam Kitab Shahih Bukhari No. 6983 (Studi Ma’anil Hadits). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Imro’atul Hasanah_082134024.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kitab Shahih Bukhari merupakan kitab yang terkenal dikalangan pesantren, kitab ini banyak dijadikan acuan di dalam kegiatan untuk belajar. Namun hadits-hadits di dalam kitab ini dijelaskan secara detail tentang sanad dan matannya. Penelitian ini memberikan kontribusi keilmuan baru dalam menggali Hadits dengan mengimplikasikan teori Ma’anil Hadits dengan metode Yusuf Qardhawi yang kemudian fokus pada pembahasan mimpi sebagian dari 46 kenabian. Adapun mimpi yang akan dibahas adalah arti dan makna mimpi kenabian yang memang dibahas secara detail dalam Hadits dan Al-Qur’an. Rumusan masalah skripsi ini adalah bagaimana makna dan arti mimpi seorang sholih yang merupakan sebagian dari empat puluh enam kenabian? Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka (liberary research) dengan pendekatan tematik (maudhu’i) dan menggunakan teknik pengumpulan data yakni data primer dalam penelitian ini adalah Kitab Shahih Bukhari No. 6983 sedangkan data data sekunder diperoleh dari kitab-kitab Tafsir dan juga buku teori Ma’anil Hadits dengan metode Yusuf Qardhawi. Analisis data berupa isi dan wacana yang kemudian dipahami makna dan arti serta pesan yang tersembunyi di dalamnya. Peneliti dapat menemukan kesimpulan dalam Kitab Shahih Bukhari No. 6983 bahwasaanya: Pertama, Mimpi dapat diartikan sebagai ar-Ru’ya (penglihatan), sedangkan Ahlam diartikan sebagai mimpi yang tidak benar yang merupakan berasal dari syetan, dan Adlghast diartikan sebagai mimpi yang kacau balau yang tidak dapat ditafsirkan. Kedua, Makna mimpi adalah mimpi yang benar-benar kenyataan, yang merupakan sebagian dari wahyu kenabian dan disebut sebagai (ar’Ru’yah As-Shadiqah), sedangkan mimpi yang baik merupakan berita gembira yang dibawa oleh malaikat dari Allah SWT yakni (arRu’yah As-Shalihah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:07
Last Modified: 17 Mar 2023 01:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20287

Actions (login required)

View Item View Item