Peran Pondok Pesantren Al-Khoiriyah Dalam Pengembangan Islam Di Desa Sidorejo Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo (1988-2017)

Dewi, Indah Kamilia (2019) Peran Pondok Pesantren Al-Khoiriyah Dalam Pengembangan Islam Di Desa Sidorejo Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo (1988-2017). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indah Kamilia Dewi_U20154018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pondok Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan keagamaan yang memiliki kekhasan tersendiri dibanding dengan lembaga-lembaga pendidikan lain yang ada di Indonesia. Pendidikan di pesantren meliputi pendidikan Islam, dakwah, pengembangan kemasyarakatan dan pendidikan lainnya yang sejenis. Setiap yayasan atau lembaga pondok pesantren pasti memiliki peran di tengahtengah masyarakat, seperti halnya Pondok Pesantren Al-Khoiriyah yang berada di Kabupaten Probolinggo, kecamatan Kotaanyar, Desa Sidorejo yang memiliki peran mengembangkan islam di desa sidorejo. Dalam penelitian ini ada dua focus penelitian yaitu: (1) Bagaimana sejarah berdirinya pondok pesantren Al-Khoiriyah dan apa yang melatar belakangi berdirinya ? (2) Bagaimana peran pondok pesantren Al-Khoiriyah dalam pengembangan islam di Desa Sidorejo ? (3) Bagaimana Permasalahan Yang Dihadapi Pendiri Pondok Pesantren Al-Khoiriyah Dalam Pengembangan Islam di Desa Sidorejo 1988-2017 ?. Tujuan dalam Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Al-Khoiriyah dari tahun 1988 ampai tahun 2017. Selain untuk mengetahui sejarah berdirinya, penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengetahui peran Pondok Pesantren Al-Khoiriyah dalam pengembangan islam di Desa Sidorejo. Pendekatan ini menggunakan pendekatan historis perspektif diakronik dan pendekatan sosiologis. Sumber datanya yaitu informan yang mengetahui tentang penelitian ini, seperti kyai, putra puteri kyai, guru-guru, santri, dan masyarakat. Teknik pengumpulan datanya adalah mnggunakan metode wawancara, documenter dan observasi, dan analisis data menggunakan analisis sejarah atau interpretasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sosialinstitution (lembaga kemasyarakatan). Teori ini mengacu pada kebutuhan manusia atau masyarakat, munculnya lembaga-lembaga kemasyarakatan karena adanya kebutuhan masyarakat itu sendiri. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pondok pesantren alkhoiriyah ini didirikan oleh kyai anwar pada tahun 1988 yang dilatar belakangi oleh keprihatinan kyai anwar terhadap bacaan quran para anak-anak kecil yang salah baca, serta ilmu keagamaan masyarakat yang memprihatinkan pada saat itu. Dalam perkembangannya, saat ini sudah ada beberapa lembaga pendidikan formal dibawah naungan yayasan pondok pesantren al-khoiriyah. pondok pesantren alkhoiriyah memiliki peran dalam mengembangkan islam di desa sidorejo, terlebih dalam bidang ilmu al-quran dan akhlaknya. Pondok pesantren al-khoiriyah juga memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal kebutuhan rohani dan kebutuhan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:07
Last Modified: 17 Mar 2023 01:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20288

Actions (login required)

View Item View Item