Tradisi Mujahadah Pembacaan Al-Qur’an Surat-Surat Pilihan Sebagai Wirid (Studi Living Qur’an Di PP Miftahu Ulum Kaliwates Jember)

Latifah, Irfatul (2019) Tradisi Mujahadah Pembacaan Al-Qur’an Surat-Surat Pilihan Sebagai Wirid (Studi Living Qur’an Di PP Miftahu Ulum Kaliwates Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Irfatul Latifah_082142054.pdf

Download (6MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah sumber utama ajaran Islam dan pedoman hidup bagi umat Islam, di dalam Al-Qur’an terdapat petunjuk tentang hubungan manusia dengan Allah, manusia dengan manusia serta manusia dengan alam sekitarnya. Pemahaman dan pemaknaan masyarakat terhadap Al-Qur’an sangat beragam, dalam penelitian ini dipaparkan salah satu respons pengamal mujahadah terhadap Al-Qur’an, yaitu santri di PP Miftahul Ulum yang menjadikan pembacaan AlQur’an surat-surat pilihan sebagai wirid. Untuk itu, fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana hakikat tradisi mujahadah pembacaan Al-Qur’an surat-surat pilihan yang dijadikan sebagai wirid di PP. Miftahul Ulum Kaliwates Jember ? 2) Apakah tujuan tradisi mujahadah pembacaan Al-Qur’an surat-surat pilihan sebagai wirid bagi para pelaku yang mengikuti ? 3) Bagaimana dampak dari tradisi pembacaan Al-Qur’an surat-surat pilihan yang dijadikan sebagai wirid di PP. Miftahul Ulum Kaliwates Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hakikat tradisi mujahadah pembacaan Al-Qur’an surat-surat pilihan yang dijadikan sebagai wirid di PP. Miftahul Ulum Kaliwates Jember 2) Untuk mengungkapkan pemahaman tentang tujuan tradisi mujahadah pembacaan Al-Qur’an surat-surat pilihan sebagai wirid bagi para pelaku yang mengikuti 3) Untuk mengetahui dampak dari tradisi pembacaan Al-Qur’an surat-surat pilihan yang dijadikan sebagai wirid di PP. Miftahul Ulum Kaliwates Jember bagi para pelaku yang mengikuti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat penelitian lapangan dengan jenis penenelitian fenomenologi. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah Pertama, Pembacaan Al-Qur’an surat-surat pilihan yang dijadikan sebagai wirid, adalah sebuah bentuk tradisi mujahadah, yang dibaca setiap hari. Kegiatan ini telah ada sejak berdirinya pesantren pada tahun 1984. Santri dan pengurus pesantren setiap harinya diharuskan mengamalkan setiap selesai shalat fardu berjamaah yaitu setelah shalat maghrib membaca surat al-Waqiah dan al-Mulk dan setelah sholat subuh membaca surat Yasin. Kedua, Pemahaman terhadap tujuan tradisi mujahadah yaitu bahwa siapa saja yang mengamalkan tradisi mujahadah yaitu untuk melatih diri dan para santri untuk membiasakan membaca Al-Qur’an secara rutin, dituntut untuk belajar istiqomah dalam menjalankan amal kebaikan dan membersihkan diri dari segala penyakit serta sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT sehingga tercipta ketenangan dalam kehidupannya Sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan nikmat yang telah Allah swt berikan. Ketiga dampak dari pembacaan Al-Qur’an surat-surat pilihan bagi para pelaku yang mengikuti. yaitu memberikan ketenangan baik lahir maupun batin, segala urusan yang serasa dipermudah oleh Allah swt.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:07
Last Modified: 17 Mar 2023 01:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20292

Actions (login required)

View Item View Item