Pandangan Tokoh Jamaah Tabligh Di Jember Terhadap Ayat-Ayat Alquran Tentang Nafkah Istri.

Farihah, Anisatil (2019) Pandangan Tokoh Jamaah Tabligh Di Jember Terhadap Ayat-Ayat Alquran Tentang Nafkah Istri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anisatil Farihah_U20151067.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keluarga merupakan lembaga terpenting dalam kehidupan karena keluarga mempunyai peran penting dalam mencetak dan menumbuhkan generasi masa depan. Suksesnya keluarga dalam mencetak sebuah generasi masa depan tentu didorong oleh banyak hal salah satunya adalah pemberian hak yang dilakukan oleh seorang suami tehadap istrinya yaitu nafkah, baik nafkah lahir maupun batin. Selain memberikan nafkah seorang muslim juga mempunyai tugas melakukan amar ma’ruf nahi mungkar sehingga banyak terbentuknya organisasi dakwah salah satunya ialah Jamaah tabligh yang berdakwah dengan cara khuruj atau keluar dengan mendatangi dari satu rumah kerumah lain, dari desa satu kedesa lain bahkan dari satu negara ke negara lain. Skripsi ini berfokus kepada bagaimana pandangan Jamaah Tabligh terhadap ayat-ayat alquran tentang nafkah istri, kemudian apa yang mempengaruhi pandangan Jamaah Tabligh terhadap ayat nafkah istri dan bagaimana implementasi pandangan tokoh Jamaah Tabligh dalam pemberian nafkah terhadap istri. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan atau field reseach dengan pengumpulan data menggunakan wawancara semi structured yang mana dalam hal ini peneliti menanyakan sejumlah pertanyaan yang sudah struktur kemudian satu persatu diperdalam dengan menggali keterangan lebih lanjut, kemudian observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang sudah terkumpul akan dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Kemudian data yang telah ditemukan dari fokus penelitian diatas yaitu suami wajib memberikan nafkah kepada istri dengan cara yang ma’ruf dan sesuai dengan kemampuan suami baik nafkah lahir yang meliputi pakaian, makanan, tempat tinggal dan hubungan badan suami istri dan nafkah batin yang meliputi pendidikan agama kepada istri. Pandangan Jamaah Tabligh terhadap ayat tersebut selain dipengaruhi oleh Alquran dan Assunnah, khuruj juga menjadi faktor yang mempengaruhi pandangan Jamaah Tabligh. Implementasi dari pemberian nafkah Jamaah Tabligh menyiapkan nafkah sesuai dengan jumlah khuruj mereka dan rutin melakukan ta’lim bersama keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012899 Islamic Family Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:07
Last Modified: 17 Mar 2023 01:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20296

Actions (login required)

View Item View Item