Telaah Kualitas Sanad Hadits-Hadits Dalam Kitab n h Al-Qaul Karya Syaikh Muhammad Bin Umar An-Nawawi Al-Bantani Bab Fadhilah Ilmu dan Ulama.

Sholihah, Anni Mardliyyatus (2017) Telaah Kualitas Sanad Hadits-Hadits Dalam Kitab n h Al-Qaul Karya Syaikh Muhammad Bin Umar An-Nawawi Al-Bantani Bab Fadhilah Ilmu dan Ulama. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anni Mardliyyatus Sholihah_082 122 034.pdf

Download (5MB)

Abstract

merupakan salah satu sumber pokok ajaran Islam yang kedua setelah Al-Qur’an. Selain itu, di dalam terdapat sabda, perbuatan, dan r serta hal ihwal yang telah disandarkan kepada Nabi Muhammad untuk disampaikan kepada umat manusia sebagai pedoman hidup. Dalam sebuah , terdapat urgensi yang paling penting untuk diteliti, yaitu sanad. Hal ini dilakukan hanya sebatas menghindari terjadinya pemalsuan-pemalsuan . Kita tahu bahwa antara ilmu dan ulama’ itu sangat penting sekali dalam kehidupan, dapat dikatakan ilmu karena seseorang melakukan suatu pekerjaan sedangkan ulama’ merupakan seseorang yang mempunyai ilmu yang tugasnya sebagai pembawa amanat para Nabi yang harus disampaikan kepada umat manusia, selain itu ulama’ juga dikatakan sebagai pemuka agama atau pemimpin agama yang bertugas untuk mengayomi, membina dan membimbing umat Islam baik dalam masalah-masalah agama maupum masalah sehari hari yang diperlukan baik dari sisi keagamaan maupun sosial kemasyarakatan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana penilaian kualitas pribadi periwayat tentang l ilmu dan ulama’ dalam kitab n h al-qaul? 2. Bagaimana ketersambungan sanad tentang s l ilmu dan ulama’ dalam kitab n h al-qaul? Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kualitas pribadi periwayat tentang tentang l ilmu dan ulama’ dalam kitab n h al-qaul dan untuk menganalisa dan menjelaskan ketersambungan sanad tentang l ilmu dan ulama’ dalam kitab tanq h al-qaul. Manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan kontribusi pengetahuan tentang kualitas sanad tentang l ilmu dan ulama’ dalam kitab n al-qaul dan juga dapat memperdalam pemahaman tentang kualitas n dalam kitab n al-qaul serta dapat meningkatkan kemampuan tentang metodologi penelitian n . Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan kajian pustaka (library research). Adapun tehnik pengumpulan data menggunakan metode dokumenter. Sumber data primer peneliti adalah kitab n l-qaul, sedangkan sumber data sekunder adalah kitab-kitab ilmu , seperti Siy u A’l m l- u l ’ l- m l A m ’ l- i l, Tahdzîb al-Tahdzîb, dan lain-lain. Analisis data berupa analisis isi (content analisis), maksudnya adalah hanya dianalisis menurut isinya dari data-data yang telah dikumpulkan, baik data primer maupun sekunder. Kesimpulannya adalah kualitas n pertama hingga kualitas sanad keenam adalah l ’ . Sedangkan ketersambungan n pertama hingga keenam adalah terputus, semua itu karena terdapat perawi yang dinilai mempunyai kecacatan terhadap pribadinya. Kata Kunci: Sanad, Tanqih Al-Qaul, Syaikh Muhammad Bin Umar An-Nawawi Al-Bantani, F il Ilmu D n Ul m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:07
Last Modified: 17 Mar 2023 01:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20300

Actions (login required)

View Item View Item