Surah al-A’râf: 171 Sebagai Bacaan Pembuka dalam Tradisi Pengajian Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al-Mashduqiah Patokan Kraksaan Probolinggo (Studi Living Qur’ân)

Jannah, Miftahul (2019) Surah al-A’râf: 171 Sebagai Bacaan Pembuka dalam Tradisi Pengajian Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al-Mashduqiah Patokan Kraksaan Probolinggo (Studi Living Qur’ân). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftahul Jannah_U20151033.pdf

Download (5MB)

Abstract

Al-Qur’ân adalah sumber utama ajaran Islam dan pedoman hidup bagi umat Islam. Pemahaman dan pemaknaan masyarakat terhadap al-Qur’ân sangat beragam, dalam penelitian ini dipaparkan salah satu respons masyarakat terhadap al-Qur’ân, yaitu pondok pesantren al-Mashduqiah yang menjadikan ayat al-Qur’ân sebagai bacaan pembuka dalam tradisi pengajian kitab kuning. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana prosesi bacaan pembuka tradisi pengajian kitab kuning dengan surah al-A’râf: 171 di PP AlMashdûqiah Patokan Kraksaan Probolinggo? 2) Bagaimana persepsi pengasuh, asâtîdz dan santri PP Al-Mashdûqiah terhadap Surah al-A’râf: 171 sebagai bacaan pembuka pembuka dalam tradisi pengajian kitab kuning? 3) Bagaimana dampak Surah al-A’râf: 171 sebagai bacaan pembuka dalam tradisi pengajian kitab kuning di PP Al-Mashdûqiah Patokan Kraksaan Probolinggo?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan prosesi bacaan pembuka dalam tradisi pengajian kitab kuning dengan Surah al-A’râf: 171, 2) Untuk mendeskripsikan persepsi pengasuh, asâtîdz dan santri PP Al-Mashdûqiah Patokan Kraksaan Probolinggo terhadap surah al-A’râf: 171, 3) Untuk menganalisis dampak Surah al-A’râf: 171 sebagai bacaan pembuka dalam tradisi pengajian kitab kuning di PP Al-Mashdûqiah Patokan Kraksaan Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat penelitian lapangan dengan jenis fenomenologi. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah Pertama, pembacaan surah al-A’râf: 171 sebelum memulai tradisi pengajian kitab kuning sudah menjadi kewajiban seluruh santri PP Al-Mashdûqiah yang dipimpin oleh guru pengampu masing-masing dalam pembacaaannya di setiap kelas. Kedua, makna surah al-A’râf: 171 sebagai bacaan pembuka dalam tradisi pengajian kitab kuning ialah bahwa pembacaan ayat ini diharapkan mengingatkan santri supaya dalam mempelajari kitab kuning tidak perlu ditakut-takuti. Ketiga, dampak dari pembacaan ayat ini sebelum memulai pengajian kitab kuning tergantung santri itu sendiri, ia terilhami dengan ayat yang dibaca ini atau tidak, namun jika dilihat dari prakteknya, santri yang baru mengaji kitab kuning memang masih perlu ditakut-takuti tapi hal ini sangat jarang bagi mereka yang sudah lama mengaji kitab kuning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:08
Last Modified: 17 Mar 2023 01:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20305

Actions (login required)

View Item View Item