Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Jember.

Wahyudi, Bambang (2018) Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Bambang Wahyudi_0849315029.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an. Mayoritas penduduk Indonesia adalah kaum muslimin yang berpegang teguh pada al- Qur’an, namun masih sangat banyak kaum muslimin yang berpendidikan akan tetapi belum bisa menjadi suri tauladan untuk sesamanya. Hal ini merupakan usaha serius bagi bangsa untuk membenahi kekurangan pendidikan, salah satu upaya bisa dilakukan adanya pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di lembaga formal di MAN Bondowoso, dan yang akan mengatasi hal ini adalah generasi muda. Sedangkan di Indenesia sendiri masih banyak remaja yang belum bisa memahami sekaligus mengamalkan isi al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dengan “Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an” bagi siswa ini diharapkan mampu meminimalisir kekurangan serta memperbaiki keadaan, tentunya membutuhkan Metode Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an yang bisa mencapai indikator dan tujuan mulia dari suatu pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara empiris bagian-bagian yang telah di rumuskan dalam fokus penelitian, yaitu: tujuan pembelajaran tahfidz al-Qur’an. Materi pembelajaran tahfidz al-Qur’an. Metode-metode tahfidz al-Qur’an, dan evaluasi tahfidz al- Qur’an di MAN Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawanca dan dokumentasi. Analisis datanya adalah analisis kualitatif deskriptif dengan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Mengecek keabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian ini adalah. Pertama tujuan pembelajaran tahfidz al-Qur’an meliputi: Tujuan umum mengasah potensi siswa, menjadikan program tahfidz sebagai cirihas MAN Bondowoso, siswa bisa berprestasi taraf regional maupun nasional. Tujuan kusus pembelajaran tahfidz al-Qur’an mendidik siswa cinta akan al-Qur’an, menjadikan siswa hafiz dan hafizah. Kedua Materi pembelajaran tahfidz al-Qur’an Kelas X surat An-Naba’ sampai An-Nas Surat al- Baqorah ayat 111 sampai 141. Kelas XI juz 3 al-Baqorah:252-juz 4 al-Imran:92. Kelas XII juz 5 an-nisa’:24-juz 6 an-nisa’:148. penyampaian materi apersepsi membaca hafalan bersama, membacakan materi yang baru, membaca ayat secara berulang-ulang. Ketiga Metode Talaqqi, Metode tasmi’ metode al-arad metode Qira’ah Metode FiSalah dan metode One Day One Ayat. Media yang digunakan Mp3, LCD, poryektor, video hafidz2 profesional, slide power point, televise dikelas, al-Qur’an per juz, serta buku penghubung atau pengontrol hafalan. Keempat evaluasi harian dengan setoran evaluasi tri wulan tulis evaluasi semester genap dan Munaqosah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:17
Last Modified: 17 Mar 2023 01:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20309

Actions (login required)

View Item View Item