(Penggunaan Ayat-Ayat Hizib Sebagai Benteng Diri Menurut Presefektif Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa di Lirboyo)

Bakri, Moh. Habib (2019) (Penggunaan Ayat-Ayat Hizib Sebagai Benteng Diri Menurut Presefektif Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa di Lirboyo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Habib Bakri_082132014.pdf

Download (16MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci yang berisi petunjuk untuk semua manusia, alQur’an diterima oleh manusia dan diolah sehingga menghasilkan berbagai macam pengamalan. Salah satu dari bentuk pengamalan ayat al-Qur’an itu sendiri seperti halnya pengamalan Hizib dengan cara menghimpun ayat-ayat tertentu yang ada didalam alQur’an untuk dijadikan sebagai amalan dalam penggunaan Hizib. Berangkat dari latar belakang diatas peneliti memfokuskan pada bagaimana proses penggunaan Hizib dan alasan penggunaannya. mengapa ayat-ayat al-Qur’an tersebut yang dijadikan sebagai Hizib serta alasan memilih ayat tersebut, bagaimana respon atau presepsi para pengguna terhadap ayat-ayat al-Qur’an yang diyakini dijadikan sebagai Hizib. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk Hizib serta mengungkap bagaimana proses penggunaan ayat-ayat yang digunakan sebagai Hizib untuk mengetahui makna dibalik pemilihan ayat-ayat yang digunakan sebagai Hizib tersebut. Serta mengungkap presepsi pengguna terhadap ayat-ayat al-Qur’an yang diyakini digunakan sebagai Hizib. Penelitian ini penggunakan paradigma kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, sedangkan jenis penelitian ini menggunakan dua jenis penelitian, yaitu studi kasus (case studies) atau Field Researd dan Studi Teks atau Dokumen (Document Study) atau Library. Dengan langkah-langkah observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk proses analisis data yang didapatkan peneliti dalam menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, keberadaan ayat-ayat al-Qur’an yang digunakan sebagai amalan Hizib perguruan pencak silat Pagar Nusa mempunyai manfaat yang sangat luar biasa, dengan alasan Hizib ini dapat digunakan sebagai media perlindungan diri agar terhindar dari bahaya yang dapat mengancam sewaktu-waktu dimanapun berada, oleh sebab itu untuk mengamalkan Hizib ini harus didasari dengan niat yang ikhlas yang penuh dengan kesabaran serta bersungguh-sungguh dalam beristiqomah mengamalkannya Hizib agar mendapat pertolongan dari Allah SWT ketika dalam keadaan bahaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:18
Last Modified: 17 Mar 2023 01:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20314

Actions (login required)

View Item View Item